Gimana sih, Evaluasi Hasil Belajar di Politeknik?

Category
Release Date
December 21, 2022
Reading Time
2 minutes

Tak terasa akhir tahun sudah akan tiba, itu tandanya satu semester pembelajaran akan segera berakhir. Apakah kamu sudah melewati masa evaluasi hasil belajar selama satu semester? Nah, di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) kami biasa menyebutnya sebagai Evaluasi Akhir Semester (EAS). 

Lalu, apa saja yang mereka lakukan dan bagaimana persiapan mahasiswa MNP dalam menghadapinya? Untuk itu, yuk simak artikel berikut. 

Melihat Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa dari Evaluasi Akhir Semester

Evaluasi Akhir Semester (EAS) di MNP berjalan selama satu minggu. Tentunya sebagai perguruan tinggi vokasi, MNP memiliki bentuk evaluasi dan cara penilaian yang sedikit berbeda dari jenis perguruan tinggi lainnya. Selain itu, walaupun berada di kampus yang sama, namun program studi atau jurusan Event Management, Digital Animation, dan E-Commerce Logistics memiliki cara evaluasinya masing-masing. Namun, satu hal yang pasti adalah mahasiswa akan diasah kemampuan analisis dan berpikir kritisnya dalam EAS ini melalui studi kasus dalam proyek nyata maupun isu di industri, tidak hanya menghafal atau memahami konsep seperti ujian pada umumnya.

Misalnya pada jurusan Event Management, ujiannya terbagi menjadi take home test, paper test, dan beberapa model lainnya. Ada beberapa mata kuliah yang meminta para mahasiswa membuat proposal lalu mempresentasikannya. Sedangkan mata kuliah lainnya seperti Digital Event Management, menggunakan immersive production lab sebagai sarana ujian praktik mereka. Semua ini tergantung dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan oleh para dosen dari jurusan tersebut. 

Evaluasi Hasil Belajar Lebih Mudah Dilakukan Karena Sudah Mampu Beradaptasi 

Pada tengah semester yang lalu para mahasiswa juga sudah melakukan Evaluasi Tengah Semester (ETS). Hal ini membuat mahasiswa lebih mengerti dan terbiasa dengan berbagai aturan dan tata cara mengerjakan ujian. Bahkan, para dosen pun menilai bahwa para mahasiswa telah lebih siap dalam menghadapi evaluasi kali ini. Nilai yang didapatkan pun cukup meningkat dibandingkan dengan ETS yang lalu. 

Sementara itu, Jurusan Digital Animation menggunakan metode evaluasi berbasis online dengan sifat take home test. Karena berfokus pada bidang kreatif, materi evaluasi yang diberikan pun sudah dibicarakan dari jauh-jauh hari. Tujuannya karena setiap karya yang hendak dibuat dalam bidang kreatif harus melewati tahap evaluasi berjenjang, bahkan saat konsep baru dibuat. 

Ujian dari jurusan ini dilakukan dalam bentuk satu proyek besar dan dinilai langsung oleh dosen-dosen dari tiga mata kuliah berbeda. Model ujian semacam ini merupakan salah satu bentuk nyata dari Project Based Learning. Adapun mata kuliahnya yaitu Creative Thinking, Digital Graphic, dan Introduction to CGI. 

Melalui model ujian seperti ini, Siti Rahmadani selaku dosen Digital Animation beranggapan bahwa mahasiswa bisa lebih peka dengan bagaimana proses kreatif dilakukan. Sehingga, semakin lama mereka akan lebih terbiasa dan cepat beradaptasi dengan pola-pola pekerjaan di bidang industri ini.

Nah, bagaimana evaluasi akhir semester yang kamu jalani? Semoga semuanya berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan, ya. Yuk, cek website MNP untuk berbagai informasi menarik lainnya! Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Latest News
Promotion