Apapun jenis pekerjaannya, stres kerja tetap bisa dialami oleh siapapun. Baik ia yang baru memasuki dunia kerja, maupun mereka yang sudah lama menyelami bidang tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi stres kerja? Untuk itu, mari kita bahas bersama.
Cara Mengatasi Stres Kerja
Berikut, beberapa tips yang bisa kamu coba
1. Mendengarkan Musik
Saat stres karena harus mengerjakan banyak hal, cobalah memutar lagu yang kamu suka. Misal, lagu kekinian dengan nada riang untuk menambah semangat, atau lagu instrumental yang menenangkan hati. Dengan begini, mood pun bisa meningkat.
2. Istirahatlah Sejenak untuk Meredakan Stres Kerja
Kamu bukanlah robot, jadi cobalah beri waktu istirahat sejenak saat lelah bekerja. Misal, rehat selama lima hingga sepuluh menit, lalu kembali bekerja lagi. Kamu juga bisa mengambil cuti jika merasa sudah terlalu penat dengan pekerjaan. Rehat sejenak bukan berarti kamu mangkir dari pekerjaan, tapi kamu membiarkan diri mengisi energi lagi agar bisa kembali produktif dalam bekerja.
3. Rapikan Meja Kerja Bisa Membantu Mengurangi Stres Kerja
Meja kerja yang berantakan akan tidak nyaman untuk dilihat. Kamu juga akan lebih sulit untuk berkonsentrasi. Selain meja yang rapi akan nyaman ditempati, cara ini juga bisa membantu meningkatkan mood, lho. Ayo lekas rapikan meja kerjamu!
4. Ingatlah untuk Menerapkan Work Life Balance
Menjadi pekerja yang baik bukan berarti harus bekerja setiap saat. Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan bekerja. Ada waktunya untuk bekerja dan ada pula waktunya untuk menjalani kehidupan seperti bersosialisasi dengan teman, pergi makan ke restoran kesukaan, dan sebagainya. Jangan lupakan hal ini, ya.
5. Minta Bantuan Orang Lain
Kita tidak hidup sendiri, jadi jika ada pekerjaan yang dirasa sulit dan tidak sanggup untuk dikerjakan, kamu bisa meminta bantuan orang lain. Bahkan, sekedar meminta bantuan untuk mendengarkan keluh-kesah saja kadang kala hal ini sudah cukup membantu, lho.
6. Hindarkan Diri dari Gosip Kantor untuk Mengurangi Stres Kerja
Mendengarkan gosip memang kadang membuat kita mudah terlena. Keseruan mendengarkan kisah tentang teman sekantor dan lain sebagainya dirasa jadi salah satu cara meredakan stres. Namun, hal ini bisa berdampak buruk bagi ketenangan jiwa dalam diri, lho. Pikiran “apakah nanti aku yang akan dibicarakan,” dan sebagainya akan lebih mudah muncul. Untuk menjaga ketenangan jiwa, mari coba hindari bergosip saat bekerja, ya.
7. Cukup Kerjakan Semaksimal Mungkin, Jangan Jadi Perfeksionis
Ingatlah, di dunia ini tidak ada yang sempurna. Termasuk kemahiran kita dan pekerjaan yang dilakukan. Semakin ingin menjadi sempurna, kamu bisa semakin stres. Ingatlah, menjadi perfeksionis bukanlah hal yang baik. Jangan menyiksa diri untuk menjadi yang paling baik. Cukup lakukan sebisamu, itu sudah cukup kok.
8. Tingkatkan Skill Bisa Jadi Cara Ampuh Kurangi Stres Kerja
Kadang kala, stres dalam melakukan pekerjaan juga bisa terjadi karena kurangnya skill. Kamu bisa meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kursus atau berkuliah. Saat ini Multimedia Nusantara Polytechnic menghadirkan Kelas Profesional bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan. Kamu bisa kuliah dan kerja secara fleksibel. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan cek di sini.
Temukan berbagai artikel menarik lainnya di laman resmi kami pada menu News dan Feature. Kamu juga bisa mengikuti media sosial kami untuk berbagai informasi seputar MNP di @multimedianusantarapolytechnic untuk Instagram, dan @lifeatmnp untuk TikTok.