Values

Sistem nilai adalah kerangka yang memberi makna terdalam atas keberadaan, kebermaknaan dan kebanggaan kepada kita baik secara pribadi maupun secara kelembagaan, dan karena itu juga memberi arah bagi tindakan kita serta mendefinisikan kesuksesan secara pribadi maupun kelembagaan.

Sistem nilai MNP terinspirasi dari Kompas Gramedia  yang terdiri dari falsafah, nilai keutamaan merupakan suatu dasar yang menjadi pondasi atau landasan dalam perumusan suatu sistem, prinsip dasar, prosedur, kebijakan, dan perilaku kerja seluruh sivitas akademika MNP.

 

Falsafah perusahaan merupakan pandangan hidup yang dianut oleh Kompas Gramedia, yang diwariskan oleh pendiri perusahaan yaitu P. K. Ojong (alm) dan Jakob Oetama, dan sekarang menjadi landasan bagi seluruh aturan, etika dan kebijakan institusi.

Sejarah Pendirian Gedung Kompas


Falsafah yang dianut Kompas Gramedia adalah:

  1. Kemanusiaan yang beriman (humanism transcendental).

    Hal ini mengandung makna bahwa institusi :

    • Menjunjung harkat martabat manusia dan mengemban amanat hati nurani rakyat: menghibur yang papa, mengingatkan yang mapan, dengan prinsip keadilan.
    • Menghargai perbedaan (budaya, golongan, ras, suku, gender, agama, dll).

  2. Menjadi agen perubahan, ikut serta mencerahkan kehidupan bangsa & negara (nation & state building).

    Hal ini mengandung makna bahwa institusi :

    • Ingin menjadi perintis dan pemelihara perubahan menuju kehidupan berbangsa dalam semangat Bhineka Tunggal Ika.
    • Mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat.
    • Menggunakan sebagian dari keuntungannya untuk masyarakat (tanggung jawab sosial).

  3. Institusi harus berkelanjutan, dapat berlangsung melampaui generasi.
    
Hal ini mengandung makna bahwa institusi :

    • Membangun semangat kekeluargaan dan profesionalisme.
    • Dikelola dengan etika kerja dan etika bisnis yang sehat.
    • Memandang mahasiswa dan karyawan sebagai aset utama, sehingga harus dihargai dan terus dikembangkan.

Nilai keutamaan perusahaan terdiri dari lima sifat yang dikenal dengan

5C (Caring, Credible, Competent, Competitive, Customer Delight)

 

dan ditetapkan sebagai pedoman perilaku karyawan dalam berpikir, bersikap, dan bertindak.

CARING : Peduli terhadap Sesama
CREDIBLE : Dapat Dipercaya dan diandalkan
COMPETENT : Cakap & Terampil di bidangnya.
COMPETITIVE : Menjadi yang terunggul
CUSTOMER DELIGHT :  Pelayanan terbaik kepada masyarakat

Identity

Lambang MNP terdiri gabungan Logomark dan Logotype yang terinspirasi dari misi Enlightening People. Diwujudkan dalam komposisi ikon penunjuk lokasi GPS sebagai kompas yang membimbing, menuntun dan memberikan inspirasi melalui pendidikan tinggi. Bentuk kotak piksel adalah untuk menegaskan bidang media digital, teknologi informasi dan komunikasi dan daya cipta (kreatif).

 

Sedangkan Logotype disusun berdasarkan bahasa internasional yang menekankan Multimedia Nusantara sebagai identitas institusi dibidang pendidikan vokasi- Politeknik. Komposisi lambang mencerminkan impresi modern, kreatif dan berorientasi pada teknologi multimedia.

Warna biru memiliki makna : terpercaya, profesional dan kuat, sesuai dengan positioning Kompas Gramedia ‘Enlightening People’