Mau Mengembangkan Bisnis? Yuk, Masuk Jurusan E-Commerce

Category
Release Date
July 1, 2024
Reading Time
2 minutes

Saat ini dunia bisnis terus dipenuhi hal-hal baru. Berbagai inovasi membuat persaingan semakin sengit. Apalagi bagi orang-orang yang baru belajar mengembangkan bisnis, hal ini tentu menjadi tantangan besar. Pemanfaatan teknologi juga diperlukan agar bisnis bisa berkelanjutan. Buktinya, semakin banyak E-Commerce yang bermunculan dan tak jarang para pelaku UMKM juga memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

 

Untuk kamu yang ingin merintis dan mengembangkan bisnis, kamu bisa mencoba belajar E-Commerce, lho. Ada berbagai keuntungan ketika kamu mempelajari bidang ini sebelum terjun langsung ke dalam dunia bisnis. Apa saja keunggulan dari belajar E-Commerce Logistics? Berikut ulasannya khusus untuk kamu. 

 

Kenapa dalam Mengembangkan Bisnis Perlu Belajar E-Commerce?

 

1. Bisa Membuat Platform Sendiri dengan Fitur dan Tampilan Website yang Lebih Menarik 

 

Tidak perlu pusing lagi mengikuti aturan pihak lain saat hendak membuka bisnis online, kamu jadi bisa membuka bisnis dengan platformmu sendiri. Mulai dari mengelola tampilannya hingga merancang berbagai fitur yang dibutuhkan.

 

Kita juga bisa melihat berbagai situs jual-beli saat ini menyuguhkan fitur dan desain yang beragam. Mereka saling berlomba-lomba menciptakan tampilan halaman yang menarik dan mudah diakses pengunjung situs. Pada jurusan E-Commerce kamu akan mempelajari hal-hal ini.

 

Kemudahan dalam mengakses platform tentu akan menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian berulang. Misal, bagaimana produk ditampilkan dan dideskripsikan dengan baik, serta cara check-out produk yang mudah tentu akan berpengaruh terhadap penjualan kita.

 

2. Tau Bagaimana Cara Menganalisis Bisnis dengan Basis Data

 

Saat ingin mengembangkan bisnis, kita tidak bisa semata-mata hanya mengikuti keinginan diri sendiri. Dengan melakukan analisa berbasis data, kita jadi tau apa sih yang sebenarnya sedang dibutuhkan dan dicari konsumen. Selain itu, dengan begini bisnis yang dijalankan pun jadi bisa berkelanjutan.

 

3. Akan Lebih Handal dalam Manajemen dan Mendistribusikan Barang Secara Efektif dan Efisien

 

Di dalam E-Commerce kamu dapat mempelajari cara mengelola barang dengan tepat, dimulai dari mendapatkan supplier, sampai bisa memilih alternatif pengiriman agar barang sampai ke customer dengan lebih mudah. Misalnya, pemilihan pengiriman dengan jalur apa yang cepat dan hemat?

 

Tentu memiliki keahlian ini akan menjadi keunggulan saat kamu sedang mengembangkan bisnis. Modal yang dimiliki juga bisa dialokasikan dengan lebih maksimal.

 

“Belajar E-Commerce tanpa belajar dari sisi Logistics akan sangat sia-sia dan disayangkan. Karena dengan belajar Logistics kita mengetahui bagaimana cara mengefisiensikan biaya,” ungkap Dewi Hajar selaku Ketua Program Studi E-Commerce MNP.

 

4. Menjawab permasalahan Lingkungan dan Mengambil Peluang dengan Menciptakan Bisnis

 

Seiring berkembangnya zaman, permasalahan pun akan semakin beragam. Dengan belajar E-Commerce kita bisa lebih sadar terkait permasalahan yang terjadi di lingkungan dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan bisnis dan mengembangkannya. Kamu juga jadi lebih inovatif dan mampu mengelola berbagai alternatif pilihan. 

 

5. Tidak Hanya Hard Skill tapi Soft Skill Juga Akan Terlatih

 

Kemampuan hard skill ini juga harus didukung dengan adanya soft skill. Sehingga setelah lulus dari bangku perkuliahan, kita bisa bersaing dengan lebih mudah pada dunia kerja. Seperti yang dilakukan di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Kami mendukung mahasiswa untuk bisa mengembangkan soft skill mereka dengan adanya Professional Development Journey.

 

E-Commerce adalah jurusan yang dibuat oleh MNP untuk membantu kamu lebih expert dalam merancang dan menganalisa kegiatan jual-beli online. Selain itu, dengan belajar di jurusan ini akan memungkinkan kemampuan kamu meningkat khususnya dalam bidang e-commerce dan supply chain.

 

Jangan lewatkan beasiswa yang sudah menanti kamu. Cek infonya di laman resmi kami, atau pada media sosial kami di @multimedianusantarapolytechnic untuk Instagram, dan @lifeatmnp untuk TikTok. Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu segera dan sampai jumpa di MNP!

Latest News
Promotion