Perhatikan! Ini Dia 5 Akibat Kalau Kamu Tidak Disiplin

Category
Release Date
August 5, 2024
Reading Time
2 minutes

Melatih kedisiplinan membutuhkan niat dan ketekunan. Memang tidak mudah, tapi hal ini merupakan sesuatu yang penting, lho. Apalagi jika kamu sudah duduk di bangku kuliah atau bekerja. Dengan disiplin berarti tandanya kamu taat. Entah itu pada peraturan yang ada maupun yang kamu buat untuk dirimu sendiri. Sehingga, kamu bertanggung jawab dengan apa yang harus dikerjakan dan menyelesaikannya dengan baik. Berikut ini 5 akibat yang harus kamu ketahui jika kamu tidak disiplin.  

 

Akibat Tidak Disiplin yang Harus Kamu Ketahui

 

1. Nilai Menurun atau Tidak Sesuai Harapan

 

Karena tidak konsisten dengan apa yang direncanakan dan dikerjakan, nilai kamu bisa menurun atau bahkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk memperoleh hasil yang baik diperlukan usaha yang sepadan, jadi cobalah belajar menjadi lebih disiplin lagi, ya!

 

2. Menurunnya Tingkat Kepercayaan Orang Lain Terhadap Kita

 

Tidak hanya berdampak buruk pada diri, ketidakdisiplinan juga bisa menurunkan kepercayaan orang lain terhadap kita. Ketidakpastian yang kita ciptakan bisa membuat orang lain menjadi cemas dan merasa tidak aman. Jangan sampai kebutuhan orang lain jadi tidak terpenuhi karena kurangnya kepedulian terhadap kedisiplinan.

 

3. Dianggap Tidak Profesional Jadi Akibat Tidak Disiplin

 

Bagi kamu yang sudah bekerja, mendisiplinkan diri adalah salah satu hal yang penting. Terlebih yang erat kaitannya dengan waktu, target, dan hal-hal lain sejenisnya. Ketidakdisiplinan akan menunjukkan kalau kamu bukan orang yang profesional. Mengingat ada tanggung jawab yang harus diperhatikan, jadi cobalah untuk belajar disiplin mulai dari sekarang.

 

4. Tugas dan Tanggungjawab Menjadi Menumpuk

 

Kurang disiplin akan membuat target yang seharusnya tercapai menjadi berantakan karena rentan menunda-nunda pekerjaan. Hal ini bisa menyebabkan masalah baru bagi dirimu sendiri dan dapat mengakibatkan munculnya kekacauan hingga membuatmu menjadi frustasi. Apalagi bila ada banyak jadwal atau hal yang harus dikerjakan.

 

5. Tidak Disiplin Akan Membuat Kamu Sulit Mencapai Target

 

Bayangkan bagaimana target bisa tercapai bila kamu tidak melakukannya dengan konsisten. Hal ini akan menjadi hambatan, sehingga kamu perlu mengusahakan hal-hal yang bisa membuatmu lebih bersemangat. Cobalah mengubah sikap perlahan dan buat target yang realistis agar bisa tercapai.

 

Yuk, menjadi lebih disiplin mulai sekarang! Temukan berbagai artikel lainnya di menu News dan Feature laman resmi kami. Ikuti juga Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic untuk memperoleh informasi terkini seputar Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP).

Latest News
Promotion