Pernahkah kamu mendengar tentang Brand Activation Specialist dalam dunia Event Management? Sebenarnya apa itu Brand Activation Specialist? Apakah prospek kerjanya menjanjikan dan bisa terus dipakai di masa yang akan datang? Untuk mengetahui itu semua, langsung saja yuk kita simak artikel berikut.
Apa Itu Brand Activation Specialist?
Pernahkah kamu berpikir bagaimana sebuah brand bisa dikenal orang hingga menjadi top of mind? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan Brand Activation. Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak konsumen dan calon konsumen berinteraksi dengan brand tersebut agar mereka memiliki ketertarikan. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara. Tujuan akhirnya adalah untuk mengaktifkan brand pada pikiran setiap pelanggan. Nah, pekerjaan inilah yang nantinya ditangani oleh Brand Activation Specialist.
Liza Khairunnisa, Ketua Program Studi Event Management Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) mengatakan dalam dunia event ada dua hal yang dipelajari. Pertama, yaitu Marketing Through Event dan kedua adalah Marketing for Event.
“Marketing Through Event dilakukan dengan membuat event sebagai salah satu bentuk promosi atau marketing suatu brand maupun perusahaan. Contoh mudahnya, Festival Jajanan Bango. Sedangkan Marketing for Event yaitu event sebagai produk utama yang hendak dipasarkan atau dikenal oleh orang-orang, misal GIIAS. Terdengar mirip, tapi dua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan ya,” ungkap Liza.
Liza melanjutkan, seorang Brand Activation Specialist tidak bisa bekerja sendiri. Ia memerlukan tim untuk bertukar pikiran dan melakukan brainstorming bersama. Sehingga konsep yang dibuat pun menjadi semakin kuat dan menarik.
“Mereka tidak bisa melakukannya secara asal-asalan, lho. Harus ada data pendukung yang jelas hingga melihat segmentasi market yang hendak disasar. Sehingga ada gambaran dan perkiraan terkait “‘apakah event ini benar-benar bisa dijalankan atau tidak?’” katanya.
Konsep dan Kreativitas untuk Jadi Brand Activation Specialist
Uniknya, Brand Activation yang dibuat dengan menggunakan event juga cukup beragam dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan dan luar ruangan jelas memiliki konsep yang berbeda.
Lebih jauh, Ketua Program Studi yang juga merupakan lulusan Sarjana Terapan ini memaparkan bahwa tantangan setiap konsep event pun beragam. Misal, event dalam ruangan tidak perlu memusingkan perkiraan cuaca, tapi para panitia harus lebih giat memperkenalkan dan mempromosikan event tersebut.
“Usaha yang dikeluarkan untuk mempromosikan pun harus lebih keras dibandingkan saat event dilakukan di luar ruangan atau outdoor yang bisa langsung menarik perhatian khalayak ramai. Sedangkan, Event yang diadakan di outdoor memerlukan konsep yang lebih matang, dan harus mempersiapkan beberapa plan tambahan. Misal, jika cuaca tidak mendukung, dan sebagainya,” tambah Liza.
Brand Activation Specialist juga harus pandai mengelola Digital Marketing salah satunya yaitu media sosial. Apalagi jika ada goals besar yang harus dicapai seperti menarik banyak pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka harus bisa mengelola media sosial untuk mempromosikan event dari brand tersebut.
Sukses atau tidaknya Brand Activation bisa dinilai dari goals yang sudah ditentukan perusahaan sebelum acara dilakukan. Tentunya harus ada gambaran dan standar yang jelas sebelum suatu acara hendak dibangun. Sehingga pengelolaan pun menjadi jelas.
“Uniknya, seorang Brand Activation Specialist bisa bekerja di berbagai bidang industri. Entah itu makanan, properti, kecantikan, otomotif, dan masih banyak lagi. Biasanya mereka akan berada di bawah divisi Marketing atau Public Relations,” pungkasnya.
Tak Sembarangan Orang bisa Jadi Brand Activation Specialist
Karena adanya tuntutan seorang Brand Activation Specialist harus kreatif, hal ini menjadi penguat bahwa pekerjaan ini akan terus terpakai hingga masa yang akan datang dan tidak bisa digantikan oleh teknologi manapun. Keunikan suatu event bisa diwujudkan dengan ide-ide kreatif yang tidak dimiliki AI. Bagaimana, tertarik menjadi Brand Activation Specialist?
Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa lho masuk ke jurusan Event Management di Multimedia Nusantara Polytechnic. Di sana kamu akan belajar banyak hal tentang dunia dan industri Event. Mengingat dunia Event di Indonesia juga sudah mengalami perkembangan yang pesat, tertarik mencobanya? Silahkan pelajari selengkapnya di sini.
Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Kamu juga bisa mengikuti media sosial kami di @multimedianusantarapolytechnic untuk Instagram, dan @lifeatmnp untuk TikTok.