Cara Melindungi Diri dari Kekerasan di Tempat Kerja

Category
Release Date
September 30, 2024
Reading Time
2 minutes

Tanpa kita sadari ternyata ada banyak kasus di Indonesia terkait karyawan perusahaan melakukan perbuatan yang tidak pantas pada karyawan lainnya. Tidak hanya verbal, ternyata kekerasan fisik, hingga seksual pun bisa dilakukan dan terjadi di kantor. Menjadi seorang karyawan ternyata bukan sesuatu yang mudah, ya. Apalagi jika memiliki rekan kerja yang semena-mena dan menyalahgunakan wewenang. Lalu, jika sudah terjebak dalam kondisi seperti ini, bagaimana caranya melindungi diri dari kekerasan di tempat kerja? Ini dia ulasannya.

 

Lindungi Diri dari Kekerasan di Tempat Kerja, Ini Dia Caranya 

 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan:

 

1. Beranikan Diri untuk Menegurnya dengan Kata-Kata Tegas Tapi Sopan

 

Cobalah berbincang dengan pelaku secara tegas. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung. Ungkapkan bahwa kamu merasa kecewa atas perlakuan atau perkataan yang diucapkan pelaku. Jangan lupa untuk memilih waktu dan suasana yang tepat. Usahakan untuk berada di ruangan terbuka atau yang diisi oleh orang lainnya. Sehingga ada saksi mata yang bisa melihat apabila pelaku melakukan tindak kekerasan kembali. 

 

2. Minta Bantuan Pada Teman Kerja Lainnya

 

Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan. Ada saatnya kamu harus melibatkan bantuan orang lain. Hal ini sama sekali tidak merepotkan mereka, kok. Ingat, sebagai makhluk sosial, kita pasti membutuhkan bantuan orang lain, begitu juga sebaliknya. Mintalah bantuan pada orang terdekat yang kamu percayai.

 

Ungkapkan bahwa kamu membutuhkan bantuan mereka dan jangan lupa ucapkan terima kasih. Setelah itu lihatlah solusi apa yang akan diberikannya. Biasanya mereka yang mendengarkan bisa berpikir secara lebih jernih dibandingkan kita yang sedang terbawa perasaan marah dan sedih. Jika saran mereka dirasa bisa membuat kamu merasa lebih nyaman, cobalah untuk mengikuti dan melakukannya.

 

3. Sampaikan Keluhanmu Pada HRD di Tempat Kerja

 

Lawan kekerasan di tempat kerja secara profesional dengan melaporkannya pada pihak HRD. Dengan melakukannya, biasanya HRD akan memberikan perhatian khusus pada kasus tersebut. Misal, mereka bisa memanggil pelaku dan memberikan sanksi. Lakukanlah ini agar tidak ada pihak lain yang mengalami hal serupa. 

 

4. Cobalah Melapor Pada Atasanmu 

 

Cara lain yang bisa ditempuh yaitu dengan melaporkan pada atasanmu atau atasan sang pelaku. Dengan begini para atasan bisa mengevaluasi perilaku bawahan mereka. Kamu juga jadi bisa memperoleh perlindungan. 

 

5. Mencari Bantuan Profesional

 

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Psikolog untuk mengatasi trauma yang muncul akibat kekerasan tersebut. Hubungi kepolisian untuk tindakan tegas pada pelaku. Jangan lupa untuk menyertakan dan menyimpan bukti dari kekerasan di tempat kerja dan menyerahkannya pada pihak berwajib.

 

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu, ya. Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Ikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh informasi terkini seputar MNP.

Latest News
Promotion