6 Tips Merantau untuk Berkuliah atau Bekerja ke Luar Daerah

Category
Release Date
October 2, 2024
Reading Time
2 minutes

Bagi kamu yang tinggal di luar ibu kota biasanya akan tertarik untuk merantau baik itu untuk berkuliah maupun bekerja. Namun, dalam hal merantau biasanya akan ada berbagai pertimbangan dan ketakutan yang dipikirkan, bukan? Bagaimana aku bisa berjuang? Apakah dosen dan teman akan baik padaku? Bagaimana suasana tempat kerja nantinya? Hingga seperti apa lingkungan di tempat kita akan tinggal? Kali ini yuk kita bahas beberapa tips merantau yang bisa membantu kamu lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru!

 

Jangan Panik, Ini Dia Tips Merantau Lebih Mudah untuk Mahasiswa dan Pekerja 

 

Ini dia beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan. 

 

1. Manfaatkan Internet untuk Mengenali Daerah yang Hendak Dituju

 

Sebelum merantau ke daerah lain, cobalah mengulik informasi terkait daerah tersebut dengan memanfaatkan internet. Misal, lihat bagaimana wilayahnya, apa makanan khas daerah tersebut, bagaimana budayanya, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu meminimalisasi culture shock yang berlebihan. 

 

2. Kesiapan Mental Juga Perlu Diperhatikan

 

Tidak hanya menyiapkan barang-barang pindahan, kamu juga perlu mempersiapkan mental. Misalnya, harus bisa lebih mandiri dan tidak mengandalkan orang lain. Hal inilah yang biasa membuat perantau tumbuh lebih dewasa dibandingkan teman-teman sebayanya yang tinggal di daerah sendiri. 

 

3. Jangan Lupa Membawa Obat-Obatan

 

Penting dan tidak boleh dilupakan, siapkan obat untuk berjaga-jaga apabila saat merantau kamu merasa tidak fit. Misal, menyiapkan obat radang, demam, flu, dan berbagai obat lainnya. Kamu juga bisa membawa vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

4. Belajar Mengatur Keuangan Sejak Dini

 

Saat merantau kamu harus bisa mengelola keuangan dengan lebih bijaksana. Karena biasanya kondisi keuangan terbatas namun bisa jadi banyak kebutuhan tak terduga sebelumnya. Aturlah supaya ada uang untuk kebutuhan sehari-hari, makan, juga tabungan untuk keadaan mendesak. Belajarlah untuk berhemat sejak dini, agar kamu terbiasa.

 

5. Tidak Hanya Nyaman, Tempat Tinggal Juga Harus Aman

 

Setiap orang pasti mengincar tempat tinggal yang nyaman. Namun, jangan lupa memperhatikan sisi keamanannya. Carilah tempat tinggal yang memiliki penjagaan baik. Kamu bisa mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus atau kantor. Tidak hanya menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat biaya. 

 

Bagi kamu yang tertarik berkuliah di MNP dan hendak merantau dari daerah asal, ada Dormitory yang nyaman dan aman untuk kamu tempati. Informasi lebih lanjut seputar Dormitory bisa kamu cek di sini

 

6. Miliki Komitmen

 

Jaga semangatmu jangan sampai menyerah ditengah jalan. Miliki komitmen untuk berkuliah hingga tuntas dan mendapatkan gelar sarjana. Percayalah, pada akhirnya kamu sendiri yang akan merasa bangga dan puas. Perjuanganmu tidak akan sia-sia.

 

Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Kamu juga bisa mengikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh informasi terkini seputar MNP. 

Latest News
Promotion