Apa Itu Halloween? Ini Dia Asal Usulnya dan Bedanya dengan Cosplay

Category
Release Date
October 14, 2024
Reading Time
2 minutes

Bulan Oktober selalu mengingatkan kita dengan perayaan Halloween. Acara yang jatuh pada 31 Oktober ini mengajak orang-orang untuk menggunakan berbagai macam kostum. Kalau kita sadari, acara Halloween juga identik dengan labu dan Jack O Lantern. Sebenarnya apa itu Halloween dan apa yang membedakannya dengan Cosplay yang sering? Untuk itu, yuk langsung kita bahas!

 

Apa Itu Halloween dan Bagaimana Asal Usulnya?

 

Kegiatan Halloween biasa dilakukan di negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Mereka biasa merayakannya dengan membuat pesta kostum dengan tema-tema seram, selain itu ada juga kegiatan mengukir labu. Namun, sebenarnya Halloween bukan hanya kegiatan pesta kostum semata. 

 

Tradisi ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu. Berawal dari festival Samhain yang dibuat oleh bangsa Celtic kuno di Eropa. Perayaan ini dibuat sebagai acara keagamaan untuk menyambut panen di akhir musim panas. Lalu, pada 1 November mereka merayakan tahun baru dan sebagai peringatan awal masuknya musim dingin.

 

Waktu ini juga dikaitkan dengan kematian manusia. Mereka percaya batas antara orang hidup dan mati menjadi kabur pada tanggal tersebut. Sehingga kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk peringatan orang mati yang kembali dan mengunjungi rumah mereka. Labu yang diukir dengan bentuk menyeramkan dipercaya dapat membuat takut roh-roh jahat. Selain itu, riasan menyeramkan yang digunakan pada saat Halloween ditujukan untuk menyamarkan diri dan agar tidak dikenali oleh roh jahat tersebut.

 

Lalu, Apa Bedanya Halloween dengan Cosplay?

 

Merupakan gabungan kata dari costume dan play, Cosplay adalah kegiatan menirukan diri dengan mengenakan kostum dan riasan menyerupai tokoh fiksi dalam sebuah cerita, film, maupun game. 

 

Singkatnya, Cosplay biasa dilakukan sebagai bentuk hobi, mereka meniru gaya tokoh yang disukainya sambil menggunakan berbagai aksesoris dari tokoh tersebut. Biasanya mereka akan menggunakan berbagai kostum pada acara seperti festival dan acara khusus lainnya. Ada berbagai macam jenis Cosplay, seperti Cosplay manga atau anime, film, game, hingga Cosplay original dimana sang pelaku membuat karakter khasnya sendiri.

 

Nah, dari pengertian ini sudahkah kamu menangkap perbedaannya? Jadi, menggunakan kostum pada saat Halloween dan saat Cosplay merupakan dua hal yang berbeda. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan tujuannya, saat Halloween penggunaan kostum ditujukan untuk menakuti roh jahat, sedangkan Cosplay dilakukan sebagai bentuk rasa suka dan ketertarikan pada karakter tertentu. 

 

Selanjutnya, bahas apa lagi ya? Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Kamu juga bisa mengikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh informasi terkini seputar MNP.  

Latest News
Promotion