Virtual Event: Behind The Stage

Category
Release Date
September 13, 2021
Reading Time
3 minutes

ASIK 8 – Virtual Event: Behind The Stage

Siapa yang sudah pernah menonton virtual concert yang diadakan oleh BTS? Atau yang pernah diadakan oleh Pamungkas? Jika sudah pernah, kalian pasti tau kalau virtual concert atau konser online merupakan konser virtual yang menghadirkan vibe yang sama dengan konser on the spot namun, untuk tampilan panggung dan perangkat lainnya akan dihadirkan dalam bentuk tiga dimensi atau animasi. Konser online yang termasuk dalam acara virtual ini menjadi salah satu pilihan baru untuk para penikmat konser atau acara lainnya. Selain konser online, social media live, webinar, launching produk, konferensi industri, job fairs, hingga travel tour online yang termasuk dalam acara virtual yang telah banyak ditemui oleh masyarakat.

ASIK edisi ke 9 ini, menghadirkan dua pembicara yang secara tidak langsung ada dalam pembuatan sebuah konser online yaitu Novega Ghufron, Business Consultant Loket.com & GoTix (Gojek Entertaiment) dan Noor Kamil sebagai Digital Manager Pamungkas. Virtual event menjadi salah satu pilihan baru untuk para penikmat konser atau acara lainnya.

Saat pelaksanaan virtual concert ini, terlepas dari susahnya beradaptasi dengan teknologi baru, Kamil menyebutkan ternyata banyak keuntungan bisa didapatkan dalam pelaksanaan virtual concert ini yaitu:

  1. Enchanced Reach memperluas jangkauan.
  •         Dapat dinikmati dari berbagai tempat tidak melihat jarak ataupun lokasi
  1. The Safest Option (in the recent times).
  •         Salah satu pilihan terbaik yang dapat diadakan saat pandemic masih terjadi.
  1. Cost-effective.
  •         Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk lapangan, band, kostum, atau hal lainnya yang nanti akan digunakan saat konser berlangsung. Namun, kita dapat menggunakan kreatifitas kita sebebas mungkin dalam penggunaan animasi dan teknologi yang ada.
  1. Valuable Data Tracking.
  •         Lewat data tracking yang didapat dari tiket yang telah terjual, kita dapat mengetahui mayoritas dari umur berapa saja yang menonton konser, dari kota mana saja, atau data lainnya yang ingin kita ketahui. Data juga didapatkan dan disajikan dengan cara sederhana dan tidak merepotkan penonton. Data ini juga dapat menjadi bahan evaluasi dan analisis kita untuk memikirkan apa saja yang harus dilakukan untuk konser kedepannya.

Dalam membuat virtual event, Kemal menyebutkan bahwa cerita yang dibangun dalam acara yang kamu buat merupakan kunci dari suksesnya acara tersebut. Selain itu, Kemal juga sempat memberikan sedikit tips and trick terkait dengan virtual event, antara lain:

  •         Bentuk tujuan yang ingin kalian capai dengan jelas. Apakah untuk promosi, untuk pengumpulan donasi, hingga sebagai acara pengganti
  •         Pilih platform yang cocok untuk virtual event yang ingin kamu buat
  •         Pilih waktu yang tepat untuk virtual event kamu. Mulai dari kapan mengambil video untuk acara, kapan untuk editing, dan kinerja lainnya.
  •         Buat konsep. Konsep yang kalian buat harus dipersiapkan secara detail dan rampung agar tim pelaksana dapat mengerjakan acara tersebut dengan benar dan sesuai dengan ekspektasi. Konsep dapat dibuat dari siapa penonton untuk acara kalian.
  •         Promosikan itu. Ingat untuk mempromosikan event yang ingin kalian bangun. Siapkan satu tim sendiri yang bertugas untuk mempromosikan acara yang kalian buat lewat sosial media yang dipilih.
  •         Bangun interaksi dengan audiens atau penonton. Sisipkan konten-konten menarik yang dapat membangun interaksi dengan audiens seperti games atau pertanyaan yang memancing. Konten tersebut juga dapat dibangun dari cerita-cerita yang unik dan menarik.
  •         Post Promo. Promosikan event yang telah kamu buat melalui sosial media yang dimiliki serta apresiasi kinerja tim dan pengisi acara.
  •         Analisis. Lakukan analisis dan ketahui apa saja yang kurang dari acara yang telah kamu buat dan alasannya.

Dunia event yang bisa dikatakan menjadi dunia yang cukup terdampak dari adanya pandemi tidak membuat pembuat event surut. Novega menambahkan bahwa ternyata saat pandemi berlangsung untuk number creations event di Loket.com ternyata malah meningkat. 

“Pandemi gak bisa jadiin orang event untuk berhenti berkarya karena sebagai orang event kita dituntut untuk terus kreatif dan berkembang. So, kita pasti bisa bangkit dan pasti akan ada jalan.” Tambahnya saat ditanyai bagaimana perkembangan dunia event ke depan.

Kamil juga menambahkan bahwa event online bisa menjadi salah satu peluang baru untuk dunia kreatif. Di dunia ini, masih banyak berbagai teknologi ataupun kreatifitas yang masih memberikan kita kesempatan untuk terus mengeksplore lebih dan lebih. 

Latest News
Promotion