9 Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah dengan Mudah

Category
Release Date
December 2, 2024
Reading Time
2 minutes

Saat ini persaingan di dunia kerja semakin tinggi. Hal ini menjadi salah satu faktor seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Kali ini yuk kita bahas beberapa cara mendapatkan pekerjaan yang bisa kamu coba terapkan untuk memudahkanmu, apa lagi bagi yang baru lulus kuliah. Ini dia ulasannya!

 

Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Lebih Mudah

 

1. Siapkan CV dan Portofolio Serapi dan Semenarik Mungkin

 

Pertama, buatlah CV dan portofolio semenarik mungkin. CV dan Portofolio merupakan pintu utama perusahaan mengenal dirimu. Dengan begini mereka bisa mengetahui kualifikasi diri serta kualitasmu, terlebih dalam kaitannya dengan pekerjaan.

 

2. Ketahui Ketertarikan dan Keahlianmu

 

Sebelum melamar kerja, kamu harus tahu apa ketertarikanmu. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan keahlianmu. Cobalah pikirkan bidang pekerjaan yang pernah kamu pelajari semasa kuliah. Hal ini akan mempermudah kamu saat bekerja nantinya. Bekerja tidak sesuai minat tentu membutuhkan proses penyesuaian diri yang lebih panjang.

 

3. Ketahui Keunikan Dirimu

 

Poin satu ini biasa dikenal dengan sebutan personal branding. Dengan mengetahui dan menunjukkan keunikan dirimu, perusahaan jadi bisa mempertimbangkan apakah kamu sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan. Hal ini juga menjadi nilai tambah dan pembeda kamu dengan orang lainnya. Sehingga juga bisa memperkuat personal value yang kamu miliki.

 

4. Cobalah Mengikuti Job Fair

 

Biasanya job fair kerap diadakan oleh sekolah, kampus, atau instansi tertentu. Dengan mengikutinya, kamu bisa memperoleh akses ke banyak perusahaan sekaligus. Tentu hal ini memberikan keuntungan, dan bisa kamu jadikan sebagai bahan perbandingan dan pertimbangan. Selain itu, kamu juga bisa bertemu dan berbincang dengan para rekruter secara langsung dan memperoleh jaringan profesional yang lebih luas.

 

5. Mencari Pekerjaan Lewat Aplikasi dan Media Sosial

 

Perkembangan zaman dan teknologi kerap kali membuat berbagai hal jadi lebih mudah, asalkan kita pintar dalam memanfaatkannya. Salah satu contohnya dalam hal pencarian kerja. Kamu bisa mencoba melakukannya dengan mengunduh berbagai aplikasi pencarian kerja seperti Jobstreet, linkedin, Glints, dan sebagainya. Tidak hanya itu, informasi lowongan pekerjaan juga kerap disebar dalam media sosial. Jadi pastikan untuk mengikuti dan melihat akun-akun penyedia lowongan kerja, ya.

 

6. Mengikuti Kursus dan Seminar

 

Dengan mengikuti kursus atau seminar, kamu jadi bisa menambah keahlian. Hal ini tentu akan berdampak baik bagi perusahaan yang melihatnya. Saat memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar hal baru. 

 

7. Bangun Koneksi

 

Usahakan untuk tidak menutup diri saat ada kesempatan berkenalan dengan orang baru. Hal ini bisa membantu kamu menambah informasi terkait karier serta pengetahuan baru tentang berbagai hal lainnya. 

 

8. Melatih Diri Sebelum Interview

 

Dengan melatih diri sebelum interview, hal ini bisa membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri, mengantisipasi pertanyaan umum yang sering ditanyakan, hingga melatih diri menjawab berbagai pertanyaan sulit lainnya. Jawaban yang lancar akan memberikan kesan yang baik bagi para recruiter.  

 

9. Cari Tahu Informasi Umum Seputar Perusahaan Terkait

 

Terakhir carilah informasi umum seputar perusahaan agar kamu lebih mengetahui terkait visi, misi, histori, hingga budaya perusahaan terkait. Hal ini juga bisa meningkatkan kesan positif di mata pewawancara.

 

Semoga tips di atas bisa membantu kamu lebih semangat agar lekas mendapatkan pekerjaan, ya. Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Kamu juga bisa mengikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh informasi terkini seputar MNP.

Latest News
Promotion