Ajak Remaja Siapkan Karir, MNP dan Esensi Mitra Solusi Consultant Kolaborasi Adakan Workshop Parenteen Connections

Category
Release Date
February 16, 2024
Reading Time
4 minutes

Masa remaja, merupakan fase dimana anak-anak sedang banyak mengeksplorasi diri, keinginannya dan cita-citanya. Faktor lingkungan dan sekitarnya juga turut memengaruhi pilihan para remaja, sehingga, para remaja seringkali merasa kebingungan untuk menentukan apa yang diinginkan. Kehadiran berbagai pilihan dan peluang dapat menjadi faktor pendukung dilema bagi mereka yang belum memiliki gambaran yang jelas mengenai minat dan bakat mereka, sehingga penting untuk memulai persiapan dan eksplorasi karir sejak dini.

Sebagai upaya membantu mempersiapkan masa depan bagi para remaja, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) berkolaborasi dengan Konsultan Psikologi & SDM, Esensi Mitra Solusi Consultant, dengan mengadakan seri workshop yang berjudul “How to Prepare My Career” yaitu bagian dari rangkaian acara Strengthening Parenteen Connections. Seri workshop ini merupakan serangkaian pelatihan dan seminar yang bertujuan untuk membantu orang tua dan remaja dalam menentukan arah karir dan pendidikan bagi pelajar tingkat SMP dan SMA.

Bermain dan Pemaparan Materi Interaktif Sebagai Sarana Eksplorasi Diri

Kegiatan perdana dalam seri acara Parenteen Connections yang berjudul “How to Prepare My Career”, dilaksanakan pada Sabtu, 13 Januari 2024 di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang. Workshop ini dihadiri oleh pelajar dari berbagai sekolah di tingkat menengah pertama dan atas dengan menghadirkan Ani Fegda selaku Psikolog dan Founder Esensi Mitra Solusi Consultant serta Ning Nathan selaku ADHD Master Coach.

Para peserta mengikuti workshop ini dengan bermain secara berpasangan dan berkelompok. Di sela-sela sesi aktivitas juga diiringi pemaparan materi interaktif untuk membantu mereka mengenali diri mereka sendiri, mulai dari minat dan bakat, passion, hingga nilai diri yang mereka miliki.

Pada salah satu sesi, peserta diajak untuk melakukan kolaborasi, melatih komunikasi dan critical thinking melalui berbagai games. Kiara Adriana Halim, siswi kelas 11 SMA yang mengikuti workshop “How to Prepare My Career”, mengatakan bahwa ia sangat senang dengan aktivitas ini karena bisa belajar melakukan time management saat diwawancarai oleh tim MNP. Sesi yang berkesan bagi Kiara tersebut adalah sesi mini project Pengembangan Skill. Mini project di kelas workshop ini dilakukan secara berkelompok dengan tenggat waktu yang singkat, mengutamakan kolaborasi dan efisiensi waktu sebagai kunci utamanya.

Di lain sisi, Nicholas Alexander yang sedang menduduki kelas 7 SMP mengatakan bahwa ia sangat excited dalam mengikuti keseluruhan sesi workshop dan ia belajar cara mempersiapkan dan mengembangkan hal-hal yang dibutuhkan untuk karirnya di masa depan. Selain games, workshop ini juga memberikan berbagai materi persiapan karir untuk pelajar. Melalui sesi pemaparan materi yang meliputi topik eksplorasi diri, skillset awareness & development, dan financial independence, peserta diajak untuk membuat pemetaan dan rencana untuk mempersiapkan dirinya di masa depan. Salah satu orang tua dari peserta, Ines, juga mengatakan bahwa workshop ini sangat diperlukan oleh pelajar untuk menentukan karir dan skills yang diperlukan untuk menentukan masa depannya.

Melalui workshop ini, harapannya peserta dapat lebih peka terhadap pengembangan dirinya dan dapat mulai merencanakan keputusan-keputusan dilematis yang akan dihadapi di masa yang akan mendatang. Ani Fegda menyatakan bahwa workshop ini bertujuan membantu remaja memahami karirnya, menentukan apa yang ingin diraih dan bagaimana cara meraihnya. Remaja memang sudah terpapar informasinya secara digital, namun Ani merasa mereka tetap perlu bantuan untuk memahami konsep-konsep dan penting untuk memberikan arahan dalam meraih impiannya. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi trial and error dalam menggapai minat dan bakatnya, mempersiapkan mereka menuju masa depan yang penuh ketidakpastian.

Tantangan dalam Penyelenggaraan Workshop

Belajar dari workshop “How to Prepare My Career”, pihak Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) telah melewati berbagai tantangan dalam mempersiapkan workshop yang relevan dan bermanfaat bagi remaja untuk mempersiapkan karirnya di masa depan. Divisi Relationship & Collaboration Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menyatakan bahwa waktu penyelenggaraan merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan workshop ini, mengingat peserta sasarannya workshop ini adalah pelajar SMP dan SMA yang memiliki jadwal kegiatan belajar dan ekstrakurikuler di sekolahnya. Pihak penyelenggara berusaha mencari ide dalam mengemas pelatihan ini supaya tidak terasa formal dan menyenangkan. Materi, peralatan dan perlengkapan, serta fasilitator juga dipersiapkan sebaik mungkin supaya semua peserta dapat menikmati workshop dengan suasana yang menyenangkan, namun tetap serius. Harapannya, peserta dapat membawa pulang pesan dan kesan untuk mempersiapkan karirnya di masa depan.

Rangkaian Workshop Selanjutnya

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan serupa untuk kedepannya. Melalui rangkaian acara “Strengthening Parenteen Connections”, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) akan membantu orang tua dan remaja menentukan masa depan yang terbaik untuk anak-anaknya. Selain menjadi fasilitas untuk pengembangan diri pada remaja, seri workshop ini juga akan berencana untuk berperan sebagai medium yang dapat memperkuat hubungan antar orang tua dan anak dalam tujuan menentukan masa depannya. Untuk informasi lebih lengkap terkait workshop selanjutnya, ikuti terus perkembangan Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) hanya di website mnp.ac.id dan akun Instagram @multimedianusantarapolytechnic.

Latest News
Promotion