Bagaimana Transformasi Digital Mengubah Wajah E-Commerce Global Saat Ini?

Category
Release Date
November 24, 2023
Reading Time
3 minutes

E-commerce merupakan industri yang sangat dinamis sehingga memerlukan berbagai inovasi dan adaptasi atas perkembangan teknologi digital. Hal ini dilakukan untuk mengoptimasi efektivitasnya. Dari sisi pendidikan tinggi, tidak akan cukup jika mempelajari e-commerce dan logistics melalui teori saja. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, pada 9-10 November 2023, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menyelenggarakan kuliah tamu. Pembicaranya adalah praktisi yang ahli di bidangnya untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa program studi E-Commerce Logistics.

Topik yang dibahas pada kedua kuliah tamu tersebut adalah “Customer Relationship Management pada Bisnis Digital” dan “Transformasi Digitalisasi Bisnis melalui Marketplace”. Kedua topik ini merupakan bagian dari mata kuliah “Pengantar Bisnis dan E-Commerce” dan “Pemrograman Aplikasi Mobile” yang merupakan mata kuliah semester satu.

Customer Relationship Management pada Bisnis Digital

Memahami pentingnya Customer Relationship Management (CRM) merupakah salah satu inti dalam menjalankan bisnis digital yang sukses. Praktisi yang dihadirkan pada topik ini adalah Angelia Gania, Enterprise Merchant Specialist di salah satu perusahaan e-commerce global terbesar. Angelia sudah berkarir di industri E-Commerce selama 9 tahun dengan berbagai posisi dari Vendor Acquisition hingga Senior Sales Specialist.

Pada materinya, Angelia membagikan pengetahuan serta pengalamannya seputar CRM. Menurut Angelia, CRM adalah kombinasi dari orang, proses-proses, dan teknologi yang bertujuan untuk memahami pelanggan perusahaan. CRM merupakan pendekatan terintegrasi untuk mengelola hubungan dengan konsumen yang fokus pada customer retention dan membangun hubungan. Sementara itu, definisi konsumen pada perusahaan tempat ia bekerja adalah para pemilik bisnis yang ingin membuka toko di marketplace.

“Implementasi CRM dalam proses pekerjaan seorang Enterprise Merchant Specialist dimulai dengan mengajak pemilik bisnis untuk membuka bisnisnya secara online di marketplace kami. Kemudian menjaga kepuasaan pemilik toko dengan mengikuti perkembangan bisnisnya di marketplace. Hingga menawarkan solusi yang dapat membantu perkembangan bisnis pemilik toko tersebut,” papar Angela.

Transformasi Digitalisasi Bisnis melalui Marketplace

Setelah mempelajari bagaimana cara mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan, mahasiswa Program Studi E-Commerce Logistics MNP diberikan kesempatan untuk memahami proses digitalisasi bisnis. Kuliah tamu pada 10 November 2023 ini menghadirkan Direktur Gramedia Digital Nusantara (GDN), Petrus Sarjito yang akar disapa Itok. Memulai karir di bidang pemasaran, Itok mendapatkan kesempatan untuk transisi ke bidang e-commerce sejak 2014. Hingga saat ini, Itok sudah kurang lebih 10 tahun berkarir di dunia e-commerce.

Bersama Gramedia Digital Nusantara (GDN), Itok menawarkan solusi kepada bisnis-bisnis yang ingin melakukan digitalisasi dan membutuhkan platform sendiri. Sebagai portofolio, Itok sudah mendirikan Gramedia.com, E-Perpus, Bhisma Learning Center, Tira Commerce, dan lainnya selaku Founder ataupun Co-Founder.

Ilmu dan pengalaman yang dibagikan Itok dalam kuliah tamu ini mencakup pemahaman tentang ecommerce, komunikasi dan pendekatan kepada calon konsumen, dan pengelolaan marketplace. Tidak hanya secara teori, kuliah tamu ini juga membahas bagaimana implementasi nyatanya.

“Praktik e-commerce itu mulai dari cara mengoperasikan berbagai marketplace yang banyak digunakan di Indonesia. Dashboard-nya, cara memasang iklan di media sosial, dan platform marketplace, hingga membangun reputasi toko.Untuk bisa mendominasi di industri e-commerce yang terus berubah, kita juga harus terus up to date dengan kondisi industri,” jelas Itok.

Salah satu cara agar bisa mengikuti tren dan perkembangan industri adalah dengan mempelajari pengalaman-pengalaman dari para praktisi. Akan tetapi, kesempatan untuk bertemu dan berbagi pengetahuan dengan ahli memang tidak selalu ada setiap saat. Namun tak perlu khawatir, kedua kuliah tamu ini akan disiarkan di kanal YouTube Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Bagi kalian yang juga mau menjadi bagian dari industri e-commerce, tunggu apalagi? Simak selengkapnya hanya di YouTube MNP ya!

Latest News
Promotion