Belum Lulus Kuliah Sudah Jadi EO Profesional? Cuma di MNP yang Bisa!

Category
Release Date
December 16, 2022
Reading Time
3 minutes

Menjadi Event Organizer (EO) biasanya dilakukan oleh pekerja profesional yang setidaknya sudah lulus kuliah. Namun, di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) mahasiswa yang bahkan baru berkuliah tahun pertama telah mampu menjadi EO profesional dalam suatu event. Studi Humaniora Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan Program Studi atau Jurusan Event Management MNP menyelenggarakan Pekan Kebangsaan Nusantara (Pekantara) 2022. Event ini berlangsung sepekan penuh pada 5-9 Desember 2022 di Lobi P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower, UMN, Gading Serpong, Tangerang.

Setiap harinya, tema-tema kebangsaan mengisi Pekantara melalui seminar, kompetisi, hingga dress code yang dapat diikuti oleh seluruh Sivitas Akademika. Pada Senin tema yang diangkat adalah Profesional Berintegritas dan Generasi Antikorupsi. Selasa bertema Bahagia Tanpa Narkoba, kemudian Rabu, Generasi Taat Pajak. Kamis, menghadirkan tema Damai Tanpa Radikalisme dan Jumat, bertema Generasi Anti Kekerasan Seksual.

Menjadi EO Profesional: Kolaborasi Jadi Kunci Kesuksesan Event

jadi eo profesional

Kerja sama yang dilakukan dengan tim mahasiswa dan dosen dari Jurusan Event Management MNP sebagai EO ini untuk memenuhi pembelajaran berbasis proyek nyata atau Immersive Learning Experience yang diterapkan MNP. Banyak manfaat dan kesan positif yang didapatkan karena mahasiswa dilibatkan sejak tahap perencanaan, implementasi, hingga evaluasi.

“Menjadi pengalaman luar biasa tentunya bisa berkoordinasi dan bekerja sama dengan tim mahasiswa Program Studi Event Management dan Digital Animation yang menjadi panitia. Kami mendapatkan limpahan ilmu yang bermanfaat, karena bisa bekerja sama dengan Bapak dan Ibu Dosen Studi Humaniora dari UMN untuk menyukseskan Pekantara,” ujar Muhammad Fadli, Ketua Pelaksana Pekantara 2022 yang juga mahasiswa semester 3 Jurusan Event Management MNP.

Fadli menambahkan, “kolaborasi lintas kampus ini bisa menambah relasi. Baik dengan teman-teman di UMN, dengan para ekshibitor dan sponsor, yang nantinya bisa menjadi inspirasi bagi event selanjutnya yang akan lebih banyak lagi di masa depan,” tuturnya.

Rangga Anggara selaku Dosen Jurusan Event Management MNP mengatakan bahwa proyek ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. “Mereka bisa mendapatkan pengalaman yang mendukung aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Ini menjadi bagian dari project based learning untuk mata kuliah Korespondensi Bisnis, Event Logistics, dan Sponsorship,” ungkapnya.

Kesan positif juga dirasakan oleh Cantik dan Natasha, Mahasiswa Semester 1 Jurusan Event Management MNP. Mereka menganggap bahwa menjadi EO di Pekantara sangat seru, menyenangkan, dan menjadi pengalaman baru.

“Apalagi kami disibukkan dengan proyek ini sambil tetap menjalani perkuliahan di sela-selanya. Belajar time management juga, tantangan banget sebenarnya apalagi buat kami yang baru semester 1. Bersyukur banget bisa menjadi EO di Pekantara ini. Apalagi di semester 1 di kampus lain yang kami tau hanya belajar basic saja, tapi di MNP kami juga mendapatkan pengalaman praktik yang seru banget!” ujar Cantik dan Natasha bersahutan.

Pekantara Akan Jadi Annual Event

jadi eo profesional

Ketua Pengarah Pekantara 2022, Simon Wenehenbun mengatakan generasi muda merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa. Indonesia akan maju apabila generasi mudanya terhindar dari masalah yang berdampak pada masa depan mereka. Masalah-masalah tersebut antara lain narkoba, kekerasan seksual, korupsi, dan radikalisme.

“Melalui Pekantara ini, ada beragam manfaat yang dapat dirasakan. Tidak hanya mahasiswa yang menjadi peserta dan panitia, tetapi juga para dosen yang menjadi panitia hingga masyarakat umum yang mengunjungi acara ini. Pekantara diharapkan dapat menguji kemampuan kolaboratif mahasiswa, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Mahasiswa juga dituntun untuk mampu memberikan solusi-solusi kreatif yang sederhana terhadap masalah sosial yang ada,” jelas Simon yang juga koordinator Studi Humaniora UMN.

Pekantara 2022 terselenggara sebagai inisiasi dari dosen-dosen Studi Humaniora UMN. Mereka mengajak Jurusan Event Management MNP untuk berkolaborasi karena telah dikenal sebagai penyelenggara event yang kreatif dan kaya inisiatif. Salah satu aktivitas yang diusulkan sekaligus dapat menarik banyak perhatian adalah turnamen dan e-sports booth yang berkolaborasi oleh Echo E-sports.

Aktivitas beragam yang diikuti oleh ribuan mahasiswa UMN meramaikan Pekantara 2022. Pameran Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM hadir untuk menyajikan produk-produk makanan, minuman, dan kerajinan lokal berkualitas. Lomba terkait kebangsaan juga diselenggarakan seperti duta bahasa, stand up comedy dan storytelling, hingga program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan karya melalui lomba program kreativitas mahasiswa yang dipajang di sekeliling area Pekantara 2022.

Jangan lewatkan berbagai informasi menarik lainnya yang bisa kamu akses di website MNP.  Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Latest News
Promotion