MNP dan UMN Perkuat Kerja Sama Bidang Animasi dengan Brown Bag Films Bali

Category
Release Date
March 21, 2023
Reading Time
3 minutes

Brown Bag Films Bali melakukan kerja sama dengan MNP dan UMN untuk merekrut talenta-talenta handal di bidang animasi. Industri film animasi global saat ini membutuhkan talenta-talenta muda Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dengan standar kualitas tertinggi. Talenta tersebut bisa didapatkan melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan industri, salah satunya melalui perguruan tinggi.

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara bersama-sama memperkuat hubungan melalui seremoni penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Brown Bag Films Bali. Seremoni diselenggarakan pada 16 Maret 2023 di Student Lounge UMN, Gading Serpong, Tangerang.

Penguatan Kerja Sama

Kerja sama ini dilakukan untuk menegaskan simbiosis mutualisme penyediaan SDM berkualitas dari UMN dan MNP untuk diserap oleh Brown Bag Films Bali. Kerja sama mencakup program rekrutmen untuk magang maupun full time serta aktivasi career day dan seminar serta workshop.

Jika terdapat mahasiswa yang terserap di Brown Bag, dapat membantu mengembangkan kurikulum melalui survei umpan balik. Anintyas Wening Ambarwaty, Operational Manager Brown Bag Films Bali antusias dengan implementasi kerja sama yang dilakukan hari ini maupun masa depan.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk UMN dan MNP, kampus yang keren banget. Sebenarnya ini bukan kerja sama pertama kali yang dilakukan, lulusan2 dari UMN pun sudah banyak yang meniti karir di Brown Bag Studio. Saat ini juga sudah ada MNP yang kita harapkan SDM bisa lebih berkualitas dengan kerja sama ini,” ujar Anintyas.

“Kami harap seminar ini juga bermanfaat bagi teman-teman untuk perencanaan karir dan tambahan informasi mengenai karir di bidang animasi ke depannya. Tujuan yang paling utama adalah we are looking forward for animation human resources,” tambahnya.

Implementasi Kerja Sama

Lebih jauh, Dekan Fakultas Seni dan Desain UMN, M. Cahya Daulay mengungkapkan kerja sama ini sangat menarik. Dilakuan oleh industri dan kampus terjadi karena diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak untuk berkembang lebih baik lagi.

“Semoga kerja sama ini bisa lebih jauh lagi, bukan hanya pengembangan rekrutmen tetapi juga kurikulum. Karena talent yang baik itu dimulai dari kurikulum yang baik juga. Harapannya kerja sama ini membawa kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara dunia pendidikan dan industri,” kata Cahya.

Turut hadir dalam acara, Yohanes Merci selaku Ketua Program Studi Digital Animation MNP berterima kasih kepada Brown Bag Films Bali. Bukan hanya pada kerja sama kali ini, tetapi juga sejak pendirian program studinya di MNP.

“Dengan event ini saya sangat bersyukur dari Brown Bag sudah bersedia untuk sharing buat rekan-rekan mahasiswa yang masih belajar. Secara umur MNP memang masih baru dibanding UMN, tapi kita melihat ada intensi yang besar untuk fokus mendalami skill  teknis dan nonteknis yang ada di animasi. Kami harap mahasiswa bisa juga untuk mendengar pengajaran bukan hanya dari dosen tetapi juga dari industri,” pungkasnya.

Kuliah Tamu Brown Bag Films

Pada momen yang sama, Brown Bag Films Bali juga menyampaikan kuliah umum bertema Career Path di Industri Animasi. Perusahaan memaparkan mengenai beberapa istilah dalam jenjang karir ketika bekerja di studio, seperti production coordinator, line producer, senior producer, operational manager.

Brown Bag Films Bali menjelaskan alasannya memilih Bali sebagai salah satu studionya di forum ini. Industri animasi adalah creative industry, tempat yang inspiratif harus menjadi syarat. Tempat yang paling banyak memberikan inspirasi di Indonesia salah satunya adalah Bali.

Brown Bag Films adalah salah satu studio animasi kreatif paling menarik, orisinal, dan sukses di dunia. Dengan lokasi studio di Dublin, Toronto, dan Bali, Brown Bag Films menciptakan animasi mutakhir untuk pasar internasional.

Didirikan di Dublin, Irlandia pada tahun 1994 oleh Managing Director Cathal Gaffney dan Creative Director Darragh O’Connell, dan diakuisisi oleh 9 Story Media Group pada tahun 2015, Brown Bag Films Bali tetap 100% didorong secara kreatif dengan fokus untuk menghasilkan animasi lintas platform dengan kualitas terbaik dengan cerita yang kuat dan karakter yang menarik.

Brown Bag Films adalah salah satu studio paling maju secara teknis di dunia, dengan fasilitas pascaproduksi penuh animasi, gambar, dan audio. Brown Bag Films telah mendapatkan banyak penghargaan dan nominasi termasuk delapan belas Penghargaan Emmy® dan dua nominasi Oscar.

Latest News
Promotion