Kunjungan Industri Prodi E-Commerce Logistics MNP ke KGXpress dan Gotrans

Category
Release Date
November 16, 2022
Reading Time
3 minutes

Seluruh mahasiswa dari program studi atau Jurusan E-Commerce Logistics Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) melakukan kegiatan kunjungan industri pada 10 November 2022. Kegiatan kunjungan ini dilakukan selama satu hari dan didampingi oleh para dosen E-Commerce Logistics. KGXpress (KGX) dan Gotrans Logistics International (Gotrans) menjadi tempat para mahasiswa memperdalam pengetahuan mereka terkait industri logistik. 

KGX sendiri merupakan bagian dari Kelompok Kompas Gramedia yang khusus bergerak pada jasa pengiriman dan pemenuhan berbagai kebutuhan logistik. Sedangkan, Gotrans merupakan bentuk kolaborasi dari tiga bidang yaitu logistik, transportasi, dan pergudangan di antara perusahaan-perusahaan Gobel Group

Kunjungan Industri ke KGXpress dan Gotrans Logistics International

kunjungan industriBanyak orang mengira bisnis logistik mudah untuk dijalani. Namun, sebenarnya memiliki berbagai sistem kompleks yang harus dilalui. Pada praktiknya, salah satu contoh dapat dilihat dari bagaimana semua barang harus diberi barcode sebelum masuk ke rak gudang. Ini dilakukan guna memudahkan para pekerja untuk melacak keberadaan barang tersebut. Selain di gudang, barcode juga bisa memudahkan pembaruan status pengiriman pada jalur distribusi.

Selain itu, jenis produk juga akan menentukan kemasan yang nantinya digunakan. Berapa ukurannya, serta bahan packaging apa yang harus digunakan. Aturan dalam permintaan suatu produk juga harus diatur dengan baik. Itu sebabnya akan selalu ada pembuatan MoU ketika pemesanan barang dilakukan.

Kunjungan industri ini juga dilakukan sebagai upaya mempermudah para mahasiswa dalam memahami sistem kerja dunia logistik yang sesungguhnya. Sehingga, mereka tidak hanya mempelajari teorinya saja, tapi terjun langsung melihat kerja nyata dari industri ini.

Kata Mereka Tentang Kunjungan Industri Ini

kunjungan industri

Antusiasme mahasiswa juga sungguh terlihat dari bagaimana mereka aktif bertanya dan bahkan mencatat berbagai penjelasan yang disampaikan. “Yang bikin uniknya, kita bisa lihat bagaimana sistem keluar masuknya barang-barang di pergudangan,” ucap Rey, Mahasiswa Jurusan E-Commerce Logistics.

“Seru banget sih, karena bisa liat langsung pergudangan itu kayak gimana. Lalu, kita juga jadi bisa liat proses kerja inbound dan outbound-nya itu seperti apa. Pengalaman ini bikin saya jadi ingin lekas terjun ke dunia kerja,” kata Ambar yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan E-Commerce Logistics. 

Kegiatan seperti kunjungan industri ternyata membantu para mahasiswa bisa lebih cepat menyerap materi perkuliahan sesuai dengan bidangnya. Ketua Program Studi E-Commerce Logistics MNP, Dewi Hajar berharap pengalaman berharga ini bisa dimanfaatkan dengan baik, khususnya untuk mematangkan persiapan para mahasiswa menjadi profesional.

“Kunjungan industri ini merupakan bagian dari metode Immersive Learning Experience yang diterapkan di MNP sebagai upaya dalam memudahkan dan mempercepat pemahaman mahasiswa dengan menyatukan proses belajar ke dalam kondisi real di industri. Kami telah bekerja sama dengan KGXpress sejak tahun lalu dan telah melakukan beberapa implementasinya mulai awal tahun ini,” jelas Dewi.

kunjungan industriDewi juga menambahkan bahwa kerja sama dengan Gotrans Logistic International sedang dijajaki agar baik pihak MNP maupun Gotrans bisa mendapatkan simbiosis mutualisme dalam pemanfaatan sumber daya dan fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing organisasi. Nantinya, pengimplementasian kerja sama akan lebih banyak mengarah pada praktik Tridharma Perguruan Tinggi seperti pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Eddi Efanto selaku Vice President Operation KGX Warehouse Cakung dan Pak Andri Sahid, Branch Manager dari Gotrans yang telah menerima kunjungan kami. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini bisa berkontribusi besar bagi pemahaman mahasiswa untuk dapat memajukan industri logistik di Indonesia,” tutupnya.

Latest News
Promotion