Mahasiswa Event Management MNP Praktik Mengelola Event Hybrid, Dihadiri 100 Universitas Ternama

Category
Release Date
November 15, 2023
Reading Time
2 minutes

Praktik penyelenggaraan event dapat meningkatkan kualitas kinerja mahasiswa dan menambah portofolio di bidang Event Management. Mahasiswa Program Studi Event Management Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) praktik mengelola event berbentuk webinar yang diberi nama MNP Talks. Webinar kali ini berkolaborasi dengan Tender Academy dengan pembahasan mengenai bisnis masa kini yang relavan dengan Program Studi E-commerce Logistics.

Terdapat dua sesi pada webinar, yang pertama berjudul Outlook Procurement & Supply Chain di Era Digital dengan narasumber Agus Trisusanto selaku Wakil Presiden Digitalisasi Kelistrikan Divisi Management Digital PLN. Kemudian dilanjutkan di sesi kedua dengan judul Update Supply Chain & Procurement Hulu Migas di Era Digital bersama Bongbongan Tampubolon selaku Wakil Presiden Supply Chain Management Subholding Upstream Pertamina.

Kedua sesi tersebut didampingi Dosen dan Kepala Program Studi E-commerce Logistics, Sri Witjaksono dan Dewi Hajar. Jalannya acara dipandu oleh Sarah Maryanti selaku host. Seluruh acara dikelola oleh mahasiswa Event Management mulai dari praproduksi hingga pascaproduksi dan diawasi oleh tim dosen program studi.

Project Based Learning Prodi Event Management

Melalui Project Based Learning, praktik ini bisa memacu mahasiswa Event Management memahami dan mempelajari berbagai situasi yang berkembang dunia industri. Project Based Learning difasilitasi sebagai bagian dari implementasi nilai MNP untuk membentuk mahasiswa memiliki pengalaman belajar langsung dalam industrinya. Praktik langsung juga menjadi memberikan kesempatan bagi mahasiswa dapat belajar dari kesalahan dan juga menerima evaluasi.

Berbagai masukan dari kegiatan yang telah berjalan dari masyarakat luas maupun narasumber yang hadir sehingga membentuk mentalitas mereka. Hal ini juga dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang nantinya sudah bekerja dapat menangani event dengan baik dan benar. Selama webinar berlangsung ditangani oleh dua kelas Event Management semester tiga. Mereka diharapkan dapat mengasah ketangkasannya dalam memahami permasalahan teknis serta kemampuan bekerja dengan tim sehingga acara dapat berjalan dengan baik.

Serunya Praktik Event Management

Selama masa Project Based Learning, walaupun mahasiswa telah mendapatkan teori dan pembelajaran sudah dituntun dan diarahkan, tetap banyak tantangan yang tak dapat dihindarkan. Sehingga sebagai satu tim dalam kelas, masing-masing mahasiswa yang sudah memiliki jobdesc dan tanggung jawab harus dapat memberikan keputusan. Ditambah juga harus bisa membantu tim agar setiap kendala dapat dilewati dengan baik. Kegiatan ini dapat diakhiri dengan baik karena narasumber maupun host meninggalkan rasa bangga dan senang berkunjung ke MNP. Mereka juga senang memiliki kesempatan untuk dapat membawakan materi serta dibantu dalam pengelolaan tempat dan fasilitas.

Berbagai hal yang terjadi dalam praktik ini berjalan dengan baik sehingga seluruh rangkaian acara dari sesi satu dan sesi dua dapat berjalan dengan lancar. Penonton yang berasal dari beragam kampus juga terlihat antusias berdasarkan interaksi yang ada di Zoom terjaga hingga akhir acara.

Penasaran dengan mata kuliah dan kegiatan Project Based Learning di MNP? Ikuti keseruan lainnya dan informasi menarik lainnya di @multimedianusantarapolytechnic atau website mnp.ac.id.

Latest News
Promotion