Pendidikan Vokasi sebagai Solusi Hadapi Disrupsi Pascapandemi

Category
Release Date
April 4, 2022
Reading Time
3 minutes

pendidikan vokasi

Pandemi membuat disrupsi dunia industri terjadi jauh lebih cepat. Penerapan teknologi komunikasi dan informasi sangat dinamis mengikuti perkembangan dan kebutuhan industri, sehingga masyarakat seolah dipaksa untuk segera beradaptasi dengan dinamika tersebut.

Lalu bagaimana perilaku baru yang perlu dimiliki agar bisa mengimbangi dinamika dunia industri tersebut? Dilansir dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Diksi Kemendikbud), hal paling penting yang dibutuhkan industri yakni lulusan vokasi dengan soft skill. Selain soft skill, industri juga paling membutuhkan karakter atau attitude dari lulusan pendidikan vokasi.

“Di dunia industri, hard skill tidak terlalu diutamakan karena kemampuan hard skill tumbuh sepanjang masa seiring teknologi yang akan terus berkembang. Yang menjadi catatan, bagaimana menciptakan soft skill ke anak-anak,” ujar Wikan Sakarinto selaku Dirjen Diksi Kemendikbud.

Menurutnya, soft skill diciptakan dengan terpadu pada proses pembelajaran. Tidak ada mata kuliah soft skill tetapi melalui project based learning sejak semester 1. Berarti mahasiswa harus menarapkan proyek nyata sejak pertama kali mereka kuliah vokasi.

Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan vokasi, khususnya perguruan tinggi diharapkan mampu memenuhi segala kebutuhan untuk menghadapi disrupsi yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, kampus vokasi harus menyiapkan seluruh sarana pendukung untuk meningkatkan hard skill, soft skill, dan attitude dari mahasiswa atau lulusannya.

MNP Siapkan Fasilitas dan Teknologi untuk Hadapi Dinamika Industri

immersive learning

Salah satu kampus vokasi terbaik yang bisa ditemukan di sekitar Jakarta adalah Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menyediakan segala kebutuhan mahasiswa baik fisik maupun nonfisik yang bisa dioptimasi agar mampu menghadapi disrupsi yang terjadi di masa pandemi maupun setelah pandemi. Dari sisi fasilitas, kampus vokasi yang terletak di Gading Serpong, Tangerang ini sudah sangat lengkap meskipun baru didirikan pada September 2021 lalu. Gedung kampus futuristik di area seluas 8 hektar, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, teater, hingga kafe sudah bisa digunakan oleh mahasiswa. Ditambah perkuliahan di MNP sudah tatap muka alias offline, sehingga proses pembelajaran praktik bisa lebih efektif.

Sebagai penunjang utama pembelajaran, ruang kelas yang ada di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menggunakan konsep ruangan kantor terbuka yang memudahkan mahasiswa berinteraksi secara langsung baik saat perkuliahan materi maupun saat mengerjakan proyek. Laboratorium di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) juga telah menggunakan teknologi yang up to date agar tetap relevan memenuhi kebutuhan industri. Salah satu yang diunggulkan adalah Immersive Production Lab, laboratorium ini bisa digunakan oleh jurusan Animasi, jurusan Event Management, atau bahkan jurusan E-commerce Logistics yang membutuhkan fasilitas green screen dengan penataan cahaya serta audio-visual yang profesional.

Dari sisi nonfisik, pembelajaran di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menggunakan sistem immersive learning experience yang menawarkan pengalaman mengerjakan proyek secara nyata oleh mahasiswa saat mempelajari materi-materi perkuliahan tertentu. Ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Ditjen Diksi

Kemendikbud, bahkan melebihinya karena porsi perkuliahan praktik di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) pada semua program studi mencapai lebih dari 60%. Ini tidak hanya bisa mempertajam hard skill tetapi juga attitude yang mumpuni sebagai seorang profesional ketika berkuliah. Selain itu, untuk mengasah soft skill mahasiswa juga diberikan bimbingan melalui kehadiran Growth Center dari Kompas Gramedia yang dapat mengakselarasi kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan industri maupun menjadi entrepreneur.

Rasakan Langsung Pengalamannya

datangajadulu

Penasaran dengan segala fasilitas dan metode pembelajaran di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP)? Saat ini Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) membuka Gedung kampus untuk semua orang yang ingin berkunjung. Bukan hanya sekadar melihat-lihat, tetapi juga memberikan pengalaman langsung khususnya bagi calong mahasiswa yang ingin mengetahui lebih banyak bagaimana kuliah vokasi untuk menjadi sarjana terapan di bidang yang disukai. 

Melalui kampanye #DatangAjaDulu, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) telah menyiapkan berbagai benefit yang bisa dirasakan oleh pengunjung, di antaranya Campus Tour, Kopi Gratis di Libro Café, Photo Challenge Competition, Voucher Pendidikan senilai 1 Juta Rupiah, hingga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa 100% hingga lulus. Jangan lewatkan kesempatan ini, yuk, datang aja dulu!

Informasi lebih lanjut silakan cek mnp.ac.id atau cek Instagram @multimedianusantarapolytechnic dan Whatsapp di 08111 200 7799.

Latest News
Promotion