Studi Lapangan, Jurusan Event Management MNP Kunjungi GIIAS 2022

Category
Release Date
August 29, 2022
Reading Time
2 minutes

Tim Dosen Program Studi Event Management Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) melakukan studi lapangan ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 19 Agustus 2022.

Salah satu event pameran otomotif terbesar di Indonesia ini, akan banyak dijadikan bahan studi kasus dalam proses pembelajaran di MNP.

GIIASPenyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022 bukan hanya menampilkan kendaraan terbaru dan industri pendukungnya.

Tetapi, juga membahas soal isu lingkungan serta industri otomotif masa depan yang lebih ramah lingkungan dan akan jadi patron, untuk membuat masa depan lebih cerah. Tema yang diangkat yaitu Future is Bright.

Sampai dengan hari ke-10, jumlah pengunjungnya sebanyak 330.000 orang.

Ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya mencapai 293.252 orang hingga hari ke-11 atau naik 30%.

Hal yang menjadi cukup istimewa adalah GIIAS 2022 menyediakan satu hall seluas 5.000 meter persegi. Tempat yang disediakan ini khusus digunakan untuk test drive mobil listrik dan beberapa motor listrik premium.

Studi lapanganKarena indoor, maka banyak pengunjung yang antusias untuk menggunakan kesempatan ini.

Pembelajaran yang Diperoleh dari GIIAS 2022

Eko Prabowo selaku Ketua Jurusan Event Management mengungkapkan ada banyak pembelajaran yang didapat dari aktivitas studi lapangan di event ini.

Beberapa antaranya adalah Venue Management, Crowd Control, Booth Design, Event Marketing, Event Activation, Registration Management, dan Customer Relationship Management.

“Secara desain, GIIAS 2022 masih mengandalkan pada display LED dan permainan lighting yang menjadi ciri khas pameran mobil. Penggunaan rigging yang sangat masif membuat suasana industrial lebih dominan pada pameran mobil indoor ini,” jelas Eko.

Ketua Jurusan Event Management yang juga praktisi senior di industri Event Organizer ini, juga menambahkan berdasarkan observasi di lapangan bahwa registration management yang dilakukan oleh penyelenggara GIIAS merupakan sebuah terobosan.

Mulai dari proses pembelian tiket hingga masuk ke area pameran, penyelenggara GIIAS menggunakan satu aplikasi yang cukup praktis karena dibantu oleh teknologi terkini.

“Meskipun begitu, masih banyak calon pengunjung yang kesulitan, atau bahkan enggan mengunjungi event ini. Artinya penyelenggara juga perlu melakukan sosialisasi yang lebih dalam terkait registration management dalam setiap event marketing & promotion-nya,” tambah Eko.

GIIASGIIAS 2022 diselenggarakan di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD yang merupakan bagian dari Kelompok Kompas Gramedia.

Selain memamerkan produk-produk otomotif dan aksesorisnya, GIIAS 2022 juga menyediakan area khusus pada hall 9 untuk perusahaan dan organisasi pendukung event.

Pada kesempatan ini, Tim Dosen Event Management juga mengunjungi booth Harian Kompas yang bertemakan Time Machine Tunnel.

Latest News
Promotion