UMKM Diajak Raih Omset 1 Miliar dengan Metode Design Thinking

Category
Release Date
October 4, 2023
Reading Time
[rt_reading_time postfix=”minutes” postfix_singular=”minute”]

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) untuk pertama kalinya menghadirkan e-Talks bertajuk “Meraih Omset 1 Miliar dengan Metode Design Thinking” pada 26 September 2023. E-Talks ini hadir sebagai wadah untuk membahas mengenai permasalahan dalam dunia bisnis yang dikupas tuntas oleh para ahli.

Narasumber kali ini adalah Yery Januar Triadi, seorang Design Thinker Expert dari komunitas The Local Enablers. Tak sendirian, ia juga didampingi oleh moderator yaitu Rifa Siti Muthia dari Estu Sae. Keduanya merupakan praktisi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM.  Pada kesempatan ini mereka membagikan studi kasus terkait permasalahan dalam bisnis yang dapat diatasi dengan metode design thinking

 

Metode Design Thinking sebagai Mindset

Design thinking menjadi metode awal dan juga mindset yang wajib dimiliki oleh business owner sehingga dapat memetakan berbagai masalah menjadi solusi. Fokus utamanya dengan mengasah empati sehingga dibutuhkan proses observasi. Yakni proses memahami tren, tantangan, kebutuhan bisnis, serta layanan dan program yang dibutuhkan konsumen pada setiap lini bisnis untuk merasih Omset 1 Miliar. 

Pada design thinking terdapat tahap memahami dan tahap menciptakan. Sifatnya berulang yang output-nya adalah solusi dan ringkasan akhir yang bisa menjadi perbaikan sehingga muncul riset yang baru. 

Kemudian ada model gunung es yang memperlihatkan capaian keberhasilan usaha. Model ini juga menjadi indikator business owner untuk mengembangkan usahanya. Manfaatnya, proses penerapan design thinking inilah yang memberikan potensi untuk menciptakan produk dan program yang dicintai oleh konsumen.

Sebagai business owner, penerapan metode design thinking tidak hanya akan berpengaruh kepada user/konsumen tetapi juga memengaruhi seluruh aspek dalam bisnis. Sehingga dasar yang dimiliki harus baik dan sesuai agar tahap selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Model gunung es capaian keberhasilan usaha meliputi pola pikir, perilaku, tim, budaya, produk, dan program. 

Penerapan design thinking dapat juga diterapkan dalam Business Model Canvas. Pada akhirnya, business owner dapat melihat kelayakan (feasibility), diinginkan konsumen (desirability), dan keuangan (viability).

 

Tantangan Dunia Bisnis dan Industri Hari Ini

Perkembangan teknologi memengaruhi banyaknya perubahan, metode design thinking menjadi acuan untuk dapat melihat permasalahan dan mencari celah untuk melakukan inovasi. Beberapa tantangan di antaranya: disrupsi digital dengan diperlihatkan dengan perubahan teknologi yang sangat cepat. Gap generasi diperlihatkan dengan banyak karakter khas masing-masing yang dilihat dari perbedaan fokus dan pola komunikasi; dan efek pandemi.

Aspek dalam inovasi dibutuhkan untuk menjaga loyalitas pelanggan sehingga terus memenuhi kebutuhan pelanggan. Business Owner memerlukan penciptaan produk yang terjaga keberlangsungannya. Design thinking berperan dalam proses pengembangan bisnis. Pada akhirnya, dapat menyelesaikan problem secara tepat, menyesuaikan market, dan menjadi bisnis yang cocok dengan permasalahan user.

Dalam menghadapi tantangan bisnis dan perkembangan bisnis yang dinamis, diperlukan pembahasan case study. Hasil akhirnya adalah pembentukan mindset, metode, dan juga mendapatkan banyak insight baru dari para ahli di bidangnya. Seluruh peserta dapat melakukan sesi tanya jawab dan konsultasi secara singkat pada setiap sesi E-Talk. Ikuti E-Talk selanjutnya untuk materi tentang bisnis lainnya. Rangkaian acara dapat diikuti melalui akun Instagram @multimedianusantarapolytechnic.

Latest News
Promotion