Apa Itu Event Venue Manager? Yuk, ketahui Bidang Pekerjaan Satu Ini

Category
Release Date
August 19, 2024
Reading Time
2 minutes

Bagi kamu yang suka mengikuti kegiatan seperti pameran, konser, hingga kegiatan pesta olahraga dan event-event sejenis lainnya, kamu harus tahu kalau dibalik ini semua ada Event Venue Manager yang memiliki peran penting untuk mensukseskan acara tersebut. Sebenarnya apa itu Event Venue Manager dan apa saja tanggung jawabnya? Untuk itu, yuk kita bahas bersama.

 

Apa Itu Event Venue Manager?

 

Saat ini industri MICE (meetings, incentives, conventions and exhibitions) berkembang begitu pesat, perkembangan ini tidak bisa dipisahkan dari adanya peran Event Venue Manager. Mereka bertanggung jawab secara penuh mulai dari pemilihan tempat hingga acara terlaksana. Mereka harus memastikan segala hal terlaksana secara detail dan tersusun dengan baik.

 

Untuk bisa menjadi Venue Manager, mereka memerlukan sertifikasi khusus. Sehingga orang yang mengambil pekerjaan ini memang dinyatakan benar-benar memiliki kompetensi khusus. Selain itu mereka juga harus memiliki sertifikat manajemen acara, aturan ini berlaku jika kamu ingin bekerja di dunia event. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dunia event terbilang cukup kompleks ya, teman.

 

Pekerjaannya meliputi permintaan perencanaan jadwal, mengomunikasikan kegiatan dengan klien, hingga mengatur lokasi kegiatan. Tentunya dalam setiap pekerjaan akan ada berbagai tantangan, begitu juga dengan profesi satu ini. Nantinya, ia akan bekerja sama dengan EO (Event Organizer) atau bisa juga dengan Venue Owner itu sendiri. Tantangan utamanya, mereka harus menyesuaikan pekerjaan mereka dengan kebutuhan sang klien.  

 

Biasanya yang menjadi tantangan dari pekerjaan ini adalah pemilihan lokasi. Misal, lokasi yang jauh, sulit dijangkau, tidak dikenal banyak orang, dan sebagainya. Ada pula kesulitan lain misalnya sulit mengakses informasi. Hal ini bisa diatasi dengan membuat technical meeting dengan perusahaan pemilik venue, bersama tim EO. Seorang Event Venue Manager harus bisa mengurus lokasi acara juga mampu bekerjasama dengan tim logistik. 

 

Keuntungan Jadi Event Venue Manager Apa Sih?

 

Keuntungan khusus saat kamu menjadi Event Venue Manager, kamu bisa bekerja secara lebih spesifik, lho. Contoh komunikasi yang dilakukan dengan klien membahas tujuan event untuk apa? Siapa yang akan datang? Berapa orang yang akan berkunjung? Hingga, berapa lama waktu kegiatan? Barulah terakhir kalian akan membahas penentuan budget. 

 

Seorang Venue Manager harus memiliki layout lokasi yang nantinya akan digunakan oleh EO untuk menentukan penempatan barang, penentuan alur jalan, dan sebagainya. Venue Manager yang bekerja bersama EO harus bisa berpikir dengan matriks untuk membandingkan lokasi satu dengan yang lainnya sehingga memperoleh lokasi dan fasilitas terbaik yang memadai. Jadi dapat disimpulkan, Venue Manager harus bisa memberikan pelayanan terbaik, entah saat ia bekerja dengan Venue Owner maupun EO. 

 

Tertarik dengan bidang pekerjaan satu ini? Yuk, gabung dengan program studi Event Management di Multimedia Nusantara Polytechnic. Kunjungi laman resmi kami untuk informasi lebih lengkap di sini. Kamu juga bisa mengikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh berbagai informasi terbaru seputar MNP. 

Latest News
Promotion