Liburan Tetap Produktif, Bisa Ubah Karyamu Jadi Beasiswa Kuliah!

Category
Release Date
January 2, 2023
Reading Time
4 minutes

Walaupun tahun baru telah usai, tapi banyak banget nih yang masih menikmati masa liburnya. Jadi, apa aja nih yang udah kamu lakukan selama liburan kemarin? Terus, apa aja yang akan kamu lakukan di sisa liburanmu? Nah, MNP akan kasih ide menarik biar liburanmu tetap produktif menghasilkan karya yang bisa jadi beasiswa kuliah loh!

Pergi liburan ke luar kota bersama teman-teman atau keluarga tentunya sangat menyenangkan. Tapi, buat anak sekolah atau mahasiswa yang lagi kuliah, masa liburan bisa jadi lebih Panjang daripada waktu berlibur yang dihabiskan untuk pergi jalan-jalan. Mau rebahan di rumah aja atau sekadar jalan-jalan keliling komplek? Tentu akan sangat membosankan dan gak produktif. Yuk, simak 5 insight kreatif biar liburanmu tetap produktif:

1. Bikin Konten Setiap Kamu Mengunjungi Tempat Baru Ternyata Bisa Diajukan Jadi Beasiswa Kuliah

Liburan tanpa jalan-jalan rasanya seperti makan sayur tanpa garam. Ketika berlibur tentu kita akan mengunjungi beberapa atau bahkan banyak tempat yang sudah atau belum pernah kita kunjungi. Tak hanya menikmati makanan minuman dan pemandangannya, kamu juga bisa membuat konten mengenai tempat tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi dari karyawan di sana atau cek di Google Maps berdasarkan review yang pengguna lain sudah buat sebelumnya. 

Selain bisa menghias media sosialmu sebagai bagian dari personal branding, kamu juga bisa membantu mengembangkan UMKM jika kontenmu kemudian mendapatkan respons positif dari netizen. Membuat konten di tempat yang kamu kunjungi juga bisa menghasilkan secara finansial loh, secara perlahan reputasimu akan terbangun untuk menjadi key opinion leader atau pemengaruh media sosial sehingga akan ada banyak brand yang mengantre untuk menggunakan jasa endorse di akunmu.

2. Jadi Volunteer di Kegiatan Sosial atau Keagamaan 

Masa liburan sering kali hadir di antara hari-hari besar keagamaan, biasanya memang libur panjang ada di dekat Hari Natal atau Idul Fitri. Buat kamu yang memiliki nilai-nilai agama yang cukup kental, pasti akan sangat menyenangkan dan membanggakan jika bisa menjadi bagian dari kegiatan keagamaan baik itu di rumah ibadah maupun di lokasi sosial kemanusiaan.

Beberapa rumah ibadah yang besar sering kali mengadakan acara-acara besar juga menjelang hari raya. Oleh karena itu, mereka akan membutuhkan sumber daya volunteer yang cukup besar juga untuk dapat menyelenggarakan kegiatan dengan lancar. Ini akan menjadi kesempatanmu untuk menambah pengalaman dan koneksi karena bisa bersosialisasi dengan orang-orang dari beragam latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan usia. Tentunya dengan pengalaman tersebut bisa meningkatkan peluangmu untuk menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang, meskipun kamu tidak bisa berharap mendapatkan bayaran ketika menjadi volunteer.

3. Freelance atau Part Time di Acara-acara Konser dan Hiburan Lainnya

Menjadi pekerja paruh waktu di masa liburan bukan saja mengasyikkan, tetapi juga bisa mendapatkan bayaran yang lumayan untuk menambah uang jajan atau memenuhi kebutuhan penunjang pendidikanmu. Pada masa liburan, akan sangat banyak event organizer atau tempat wisata yang mengadakan acara-acara hiburan berskala besar di mana mereka juga pasti akan membutuhkan bantuan pekerja paruh waktu. Ini adalah kesempatanmu untuk mengajukan diri dan menambah kapasitasmu di dunia profesional.

Bekerja di masa liburan, meskipun hanya sebagai pekerja bebas, akan memberikan banyak manfaat buatmu. Sebagai siswa atau mahasiswa, pengalaman bekerja paruh waktu di satu atau beberapa event bisa memperpanjang resume atau CV kamu loh! Kalau kamu jadi panitia di event konser, kamu bahkan bisa bertemu langsung dengan artis favoritmu, gak cuma secara gratis, justru kamu akan dibayar.

4. Buat yang Suka Seni Desain, Bisa Perbanyak Portofoliomu dan Jadi Beasiswa Kuliah

Suka menggambar di atas kertas atau dengan software komputer? Membuat desain poster atau logo? Atau mungkin membuat karakter hingga film animasi? Wah, masa liburan bisa banget jadi peluang untuk kamu menambah portofolio karyamu. Tentunya saat liburan kamu akan mendaatkan banyak inspirasi, mulai dari pemandangan alam, kafe-kafe kekinian, atau film-film baru yang banyak dirilis pada akhir atau pertengahan tahun.

Ada beragam manfaat dari kamu memperbanyak portofolio desain atau animasi, salah satunya adalah kamu bisa menjual karya-karyamu ke website khusus. Kamu juga bisa menjadi penyedia jasa untuk orang-orang yang ingin membuat desain atau karya animasi. 

5. Iseng-Iseng Berhadiah, Coba Buka Online Shop Siapa Tahu Orderan Melimpah

Ini dia penghasil cuan masa kini yang bisa kamu mulai di masa liburan. Memulai bisnis memang tidak mudah. Butuh tekat yang kuat dan pengetahuan yang cukup, serta modal uang yang sesuai dengan jenis bisnisnya. Selain itu, memulai bisnis juga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Jadi saat sedang berlibur dan tidak banyak kegiatan regular kamu punya lebih banyak waktu luang untuk merencanakan dan mengekseskusi bisnis.

Untuk bisnis sederhana, kamu bisa memulainya dengan membuat Business Model Canvass, kamu bisa mencari banyak referensinya di internet. Lalu buatlah toko di marketplace pilihanmu, tentukan yang bisa fleksibel dan biaya yang rendah agar pebisnis pemula sepertimu tidak harus terlalu rumit untuk mempelajari sistemnya. Agar bisa berhasil, pelajari juga bagaimana cara memasarkan tokomu ke lebih banyak orang dengan cara-cara ogranik maupun beriklan.

Sudah bisa produktif di masa liburanmu? Selain mendapatkan banyak manfaat seperti yang telah dipaparkan dalam artikel ini, kamu juga bisa menjadikan portofolio karyamu menjadi beasiswa loh. Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang memiliki karya nyata untuk mendapatkan beasiswa kuliah hingga 100% sampai lulus hanya sampai 31 Januari 2023.

Ada 3 program studi atau jurusan kuliah di kampus ini yang sesuai dengan bidang karyamu:

  1. Jurusan Digital Animation: mempunyai karya animasi dalam bentuk video, gambar, atau foto berupa poster hingga film animasi
  2. Jurusan E-Commerce Logistics: pernah memiliki atau mengelola usaha online shop baik di e-commerce, marketplace, maupun di media sosial
  3. Jurusan Event Management: memiliki pengalaman sebagai panitia dalam pelaksanaan event di lingkup sekolah maupun luar sekolah, berskala lokal hingga internasional

Kamu bisa mendapatkan detail informasi mengenai beragam beasiswa yang ada di MNP dengan mengunjungi https://mnp.ac.id/promo/ atau nantikan informasi selanjutnya di Instagram

Walaupun tahun baru telah usai, tapi banyak banget nih yang masih menikmati masa liburnya. Jadi, apa aja nih yang udah kamu lakukan selama liburan kemarin? Terus, apa aja yang akan kamu lakukan di sisa liburanmu? Nah, MNP akan kasih ide menarik biar liburanmu tetap produktif menghasilkan karya yang bisa jadi beasiswa kuliah loh!

Latest News
Promotion