Intip Suasana Evaluasi Tengah Semester di MNP

Category
Release Date
October 28, 2022
Reading Time
3 minutes

Pekan Evaluasi Tengah Semester (ETS) baru saja selesai diadakan di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Seluruh mahasiswa dari berbagai program studi bersemangat mengeluarkan kemampuannya untuk memberikan hasil terbaik. Penasaran apa yang mereka pikirkan dan bagaimana minggu Evaluasi Tengah Semester berlangsung? Yuk, kita intip bersama.

Membedah Evaluasi Tengah Semester

Bagi kebanyakan model perguruan tinggi, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa akan pembelajaran selama setengah semester biasanya disebut Ujian Tengah Semester alias UTS. Namun di MNP, istilah yang digunakan adalah Evaluasi Tengah Semester (ETS).

Roy Anthonius selaku Direktur MNP mengatakan bukan hanya berbeda secara penyebutan, tetapi ETS juga berbeda dari sisi tujuannya. ETS di MNP dilakukan untuk mengevaluasi apakah mahasiswa selama ini telah memahami konsep dan melakukan praktik dengan tepat.

“Hal ini perlu dilakukan karena selain belajar memahami dan mendalami ilmu pengetahuan, mahasiswa MNP juga mempraktikkan konsep-konsep yang telah dipelajari secara langsung. Jadi, untuk mengetahui bahwa apa yang dilakukan oleh mahasiswa sudah tepat atau belum, diperlukan evaluasi menyeluruh agar nantinya hasil evaluasi bisa dibahas di kelas untuk memperbaiki dan menyempurnakan cara kerja yang belum tepat,” jelas Roy.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama satu minggu penuh, mulai 24 hingga 28 Oktober 2022. Seluruh mahasiswa dari tiga program studi atau jurusan Digital Animation, E-commerce Logistics, dan Event Management diberikan waktu untuk membedah berbagai soal yang dikemas dalam bentuk Take Home dan pengerjaan Onsite. Pada pelaksanaannya, ternyata ada banyak cerita di balik Evaluasi Tengah Semester kali ini, lho. Berikut informasinya untuk kamu.

Ekspektasi Mahasiswa Tentang Evaluasi Tengah Semester

Berekspektasi untuk mendapatkan yang terbaik itu wajar, tak terkecuali harapan mahasiswa MNP saat menjelang ETS. Mereka mengaku telah berpikir terkait beragam kemungkinan soal yang akan hadir. Ekspektasi soal evaluasi yang menumpuk hingga sulit untuk dikerjakan memenuhi kepala mereka selama beberapa hari. Namun nyatanya, masing-masing mata kuliah hanya menghadirkan beberapa soal untuk dikerjakan.

“Aku kira tuh soalnya bakal sampai puluhan, eh ternyata cuma tiga,” ungkap Fatimah mahasiswa Jurusan E-Commerce Logistics 2022.

Belajar Bersama Jadi Solusi 

Kebersamaan di antara para mahasiswa terlihat dari bagaimana mereka saling membantu satu sama lain untuk mempersiapkan diri memasuki masa ETS. Ternyata, beberapa waktu sebelum ETS dimulai banyak mahasiswa yang berkumpul untuk belajar bersama. Nah, apakah kamu juga sering melakukannya bersama teman-teman sejawat? Ide ini ternyata cukup efektif, lho. 

Nadya selaku mahasiswa angkatan 2022 juga menyatakan bahwa belajar bersama teman-teman membuatnya lebih cepat dan mudah memahami materi. “Belajar bersama lebih seru karena bisa membangkitkan mood hingga bisa lebih semangat!” katanya.

Ragam Tantangan yang Dirasakan Para Mahasiswa

Setiap jurusan pastinya memiliki tantangan masing-masing dalam mengerjakan ETS. Teman-teman dari Jurusan Digital Animasi mengaku bahwa mereka tidak bisa menyelesaikan project dalam semalam. “Tantangannya adalah, project ini harus sudah dilakukan beberapa minggu sebelum evaluasi dimulai,” jelas Eldwin. 

Sedangkan, peserta didik yang berasal dari Jurusan E-Commerce Logistics mengaku rela begadang untuk mengoptimalkan pemahaman materi yang menjadi bahan evaluasi, sehingga ujian on site yang dilakukan bisa dikerjakan dengan baik. Ternyata, teman-teman MNP benar-benar bekerja keras ya. Apakah kamu juga tipe yang seperti ini? 

Selain itu, ada juga kisah dari Ridho sebagai mahasiswa Event Management nih. Ia merasa tantangannya ada pada kecerdasan setiap pribadi dalam mengatur waktu. “Evaluasi dalam bentuk take home cukup membantu. Jadi pengerjaannya tidak hanya bisa di kampus ataupun di rumah kampus, tapi di manapun saat ada waktu bisa dikerjakan,” terang Ridho.

Beberapa kendala sempat dihadapi ketika mahasiswa memperoleh soal take home. Contohnya mengalami error pada laptop, sehingga file ETS yang sedang dikerjakan pun menjadi terhapus. Wah, apakah kamu juga pernah mengalami hal yang sama? Untuk menanggulangi hal tersebut, mahasiswa perlu lebih rajin menyimpan file atau mengerjakannya menggunakan fitur Google Docs agar bisa dibuka di manapun ketika dibutuhkan. 

Walaupun ada berbagai tantangan yang dihadapi, para mahasiswa menganggap ETS ini memberikan keseruan yang tak terlupakan. Wah, semoga hasil dari setiap mata kuliah bisa memuaskan, ya! 

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya yang bisa kamu akses di website MNP. Yuk, cek sekarang untuk memperoleh informasi seputar dunia perkuliahan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Latest News
Promotion