Penuh Keceriaan, Seperti ini Model Baru Orientasi Mahasiswa di MNP

Category
Release Date
August 31, 2023
Reading Time
3 minutes

Multimedia Nusanatara Polytechnic (MNP) menyelenggarakan rangkaian kegiatan orientasi dan pelantikan mahasiswa baru pada 26 Agustus – 2 September 2023. Rangkaian yang terdiri dari orientasi, sidang senat pelantikan, hingga Professional Development Journey ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angakatan ke-3.

Sebelum memulai orientasi, MNP mengadakan kegiatan temu wicara orang tua pada 26 Agustus 2023 di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang. Temu wicara dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada orang tua/wali mahasiswa terkait proses pembelajaran. Diawali dengan pemaparan dari Direktur MNP, Roy Anthonius Susanto tentang proses pembelajaran selama 4 tahun. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari pemaparan Kepala Program Studi untuk memberikan pemahaman aktivitas kuliah hingga prospek karir setelah mahasiswa lulus.

Orientasi Mengasah Hardskill dan Softskill

Pada 28-30 Agustus 2023, seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan orientasi yang berlangsung di area gedung dan lapangan Kampus MNP. Orientasi bertajuk ‘Anagata’ yang berarti masa depan dalam bahasa sanskerta ini penuh dengan aktivitas menambah pengetahuan sekaligus mengasah soft skill

Sejak 2021, Anagata diselenggarakan untuk memberikan motivasi belajar serta informasi mengenai aktivitas perkuliahan. Informasi yang disampaikan bukan hanya dari sisi akademis, tetapi juga insight bagaimana mahasiswa bisa lebih efektif dan efisien dalam belajar. Beragam insight juga termasuk tempat-tempat penting yang dapat menunjang atau membantu mahasiswa untuk survive di lingkungan sekitar kampus.

Tema Anagata tahun ini adalah “Be the Best You and Keep Upgrading Yourself” dan didukung oleh konsep acara Kelana Kenali MNP. Kegiatan yang dilakukan antara lain, kenali kampus; kenali warga kampus; kenali lingkungan sekitar kampus; kenali program studi; kenali lembaga kampus; kenali aturan kampus; dan kenali angkatan.

Ketua Panitia Anagata 2023, Crecentia Yudhita mengatakan Anagata 2023 berlangsung selama tiga hari, dimulai dengan kegiatan pre-event yang pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan registrasi ulang. Pada kegiatan pre-event ini mahasiswa baru bertemu langsung dengan Kakak Pendamping yang mendampingi dan membimbing mereka selama kegiatan Anagata.

“Selain itu Mahasiswa baru diajak untuk berkeliling kampus dengan tujuan lebih mengenal lingkungan kampus MNP. Tidak hanya itu, Mahasiswa baru juga diajak untuk berkunjung dan mengenal lingkungan kampus UMN yang merupakan sister campus MNP,” ujar Perempuan yang akrab dipanggil Dhita ini.

Rangkaian Kegiatan Anagata

Lebih lanjut, Dhita memaparkan Anagata hari pertama dibuka dengan upacara pembukaan oleh Direksi, dilanjutkan dengan kegiatan team building. Anagata hari kedua diisi dengan perkenalan institusi, mulai dari nilai nilai yang ada di MNP, Nilai-nilai Kompas Gramedia yakni 5C. Setelah itu, perkenalan e-learning dan My MNP, perkenalan kemahasiswaan, tutorial perpustakaan, informasi keuangan dan beasiswa, informasi Building Management dan IT.

“Kemudian ditutup dengan perkenalan prodi yang di pandu oleh tim himpunan mahasiswa dari tiga prodi. Anagata hari ketiga diisi dengan materi pencegahan kekerasan seksual, anti narkoba, Professional Development journey dan ditutup dengan inspiring session dari industri. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa baru mendapatkan wawasan yang berharga serta memperluas pengetahuan mereka tentang dunia industri,” lanjutnya.

Kegiatan Anagata hari terakhir ditutup dengan acara Metamorfora, mahasiswa baru berkumpul dan bercengkrama bersama menikmati hiburan dari kakak tingkat mereka. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara sesama mahasiswa baru serta dengan kakak tingkat. Diharapkan melalui acara ini, mahasiswa baru dapat semakin akrab satu sama lain dan membentuk ikatan kuat selama perjalanan perkuliahan mereka.

“Dari rangkaian acara Anagata ini kami berharap bahwa mahasiswa baru akan mampu mengenal dengan baik institusi, lingkungan kampus, serta mengalami perkembangan pribadi yang berarti sebelum memasuki dunia perkuliahan yang sesungguhnya,” pungkas Dhita.

Latest News
Promotion