MNP Siap Menjadi Tempat Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi MICE

Category
Release Date
March 24, 2023
Reading Time
2 minutes

Sertifikasi Profesi MICE jadi satu dari banyak keunggulan yang disediakan oleh Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Salah satu keunggulan pendidikan vokasi yaitu menghasilkan lulusan yang telah memiliki kompetensi sesuai bidang industrinya masing-masing.

Keunggulan ini juga diimplementasikan dan diperkuat oleh MNP melalui kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Wisata Hasanah Indonesia (LSP WHI). Seremonial penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan pada Selasa (21/3) di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang.

Menjadi Tempat Uji Kompetensi

Rangga Anggara selaku Ketua Program Studi atau Jurusan Event Management menyambut baik kerja sama ini. Ia menekankan kerja sama ini memberikan nilai tambah, bukan hanya bagi lulusan Jurusan Event Management MNP, tetapi juga bagi Kampus MNP sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK).

“Sertifikasi MICE Specialist dari LSP WHI memiliki banyak sekali diversifikasi dan sudah mencakup banyak cluster bidang lain yang bersangkutan dengan kepariwisataan di dalamnya. Hal inilah yang membuat nilai sertifikat tersebut menjadi lebih tinggi. Ke depannya setiap mahasiswa Event Management MNP bisa mendapatkan 4 sertifikat ketika lulus, yang terdiri dari 2 sertifikat wajib dan 2 sertifikat opsional,” ujar Rangga.

Business Development & Partnership MNP yang juga salah satu dosen di Jurusan Event Management MNP, Eko Prabowo menyampaikan hal yang senada. Ia menjelaskan bahwa tujuan lain dari kerja sama ini adalah dosen dan mahasiswa bisa melakukan uji kompetensi di kampus sendiri. Ini akan sekaligus meningkatkan nilai akreditasi MNP.

“Ada baiknya penyerahan sertifikat untuk dosen dilakukan oleh orang yang memiliki kewenangan tinggi di LSP WHI, yaitu Bapak Sahlan Toro. Ke depannya akan ada 4 dosen lagi yang juga akan mengikuti sertifikasi dengan tujuan bisa menjalankan program PRO Class. Inisiatif MNP untuk memberikan pengetahuan kepada profesional di masing-masing bidang keahlian yang ada di kampus ini,” terang Eko.

Potensi Pengembangan SDM Pariwisata

Direktur LSP WHI, Sahlan Toro antusias atas terjalinnya kerja sama ini. Apa yang dilakukan oleh MNP dan LSP WHI adalah sebuah tujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Indonesia. Salah satu hal yang paling mendasar adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata melalui kerja sama dengan pendidikan Vokasi.

“Melihat potensi dari MNP dan kelebihan MNP yang juga memiliki pengajaran bisnis, saya sangat antusias juga berharap  MNP bisa menjadi wadah tempat registrasi dari sektor sektor pariwisata lain di masa depan. Bisa jadi pengembangan dari kerja sama saat ini dengan LSP WHI untuk pelaksanaan sertifikasi,” tutur Sahlan.

Latest News
Promotion