10 Pekerjaan yang Dibutuhkan dan Menjanjikan di Masa Depan

Category
Release Date
December 4, 2024
Reading Time
3 minutes

Saat ini, banyak pekerjaan yang mulai tergerus karena adanya perkembangan teknologi. Wajar sekali bila orang-orang merasa khawatir, akankah pekerjaannya di masa mendatang bisa tetap eksis? Untuk itu, mari kita bahas berbagai pekerjaan yang masih akan dibutuhkan hingga sepuluh tahun mendatang.

 

Pekerjaan yang Dibutuhkan dan Menjanjikan

 

1. Information Technology (IT)

 

Pasti pekerjaan satu ini sudah tidak asing kamu dengar. Information Technology mencakup pengembangan, pengelolaan, hingga pemeliharaan sistem teknologi, software, jaringan, data, dan masih banyak lagi. Pekerjaan ini digunakan di hampir semua bidang bisnis, terlebih yang melibatkan teknologi dan komputerisasi. 

 

2. 3D Animator

 

Hingga saat ini, industri kreatif terus mengalami perkembangan. Apalagi dengan adanya teknologi yang terus diperbaharui. Misalnya, film animasi yang memiliki kualitas semakin baik, perkembangan dari 2 dimensi ke 3 dimensi membuat banyak orang terkesan. Tidak hanya anak-anak, bahkan banyak orang dewasa berbondong-bondong rela mengeluarkan uang untuk menontonnya. Tertarik mencobanya?

 

3. Event Organizer

 

Mulai dari acara kenegaraan, bisnis perusahaan, keagamaan hingga perorangan biasanya akan membutuhkan bantuan Event Organizer. Semua acara ini membutuhkan pengaturan dan perencanaan yang matang. Dengan adanya Event Organizer mereka bisa membantu acara berjalan dengan rapi dan teratur. Misal, dengan membuat rundown kegiatan, flow acara, hingga budgeting dan masih banyak lagi. 

 

4. Game Asset Creator

 

Saat ini banyak orang dari berbagai usia menjadikan game sebagai cara melepas stres. Selain tantangan memenangkan game, alur cerita, gambar, hingga berbagai aspek lainnya menjadi penentu game banyak dimainkan. Hal ini jugalah yang membuat E-Sport mengalami peningkatan pesat di Indonesia. 

 

Itu sebabnya, Game Asset Creator sangat dibutuhkan. Misalnya, membuat elemen visual dan desain. Membuat karakter, efek visual, optimasi aset dan sebagainya menjadi tugas dari pekerjaan satu ini. Jika kamu senang berkarya dalam bidang game, kamu bisa mencoba bidang satu ini. 

 

5. Supply Chain Expert

 

Dengan banyak munculnya bisnis online dan bisnis lain yang sudah ada, pekerjaan sebagai Supply Chain Expert menjadi banyak dibutuhkan saat ini. Mereka bertugas untuk mengelola, mengoptimasi, dan meningkatkan efisiensi rantai pasok dari produsen ke konsumen. Pengelolaan warehouse dan distribusi merupakan beberapa contoh kegiatan dalam supply chain yang banyak dibutuhkan saat ini. Sehingga barang yang dikirimkan bisa sampai dengan aman, tepat waktu, dan hemat biaya. 

 

6. Keamanan Siber

 

Bertugas untuk melindungi keamanan jaringan, perangkat, hingga data dari ancaman seperti peretasan juga pencurian data. Pekerjaan ini menjadi sangat penting di era yang serba menggunakan bantuan teknologi. Apalagi bagi pemerintahan, organisasi, dan perusahaan yang memegang banyak data individu.

 

7. Data Analyst

 

Untuk meningkatkan pertumbuhan suatu bisnis, Data Analyst memegang peran yang cukup penting. Mereka bertugas menganalisis data untuk melihat tren serta mengambil keputusan untuk bisnis yang digeluti. Dari data mentah, mereka harus mengolahnya menjadi laporan yang mudah dipahami.  

 

8. Digital Marketing

 

Perkembangan teknologi membuat dunia pemasaran juga mengalami kemajuan. Dari pemasaran konvensional, saat ini kita sudah mulai memanfaatkan dunia digital seperti media sosial juga laman digital lainnya. Pembuatan konten dan iklan sangatlah diperhatikan dalam dunia Digital Marketing. 

 

9. Business Digital Consultant

 

Merupakan orang yang profesional dalam bisnis dengan melibatkan teknologi. Tugas mereka adalah memberikan saran yang strategis dan solusi yang praktis dalam kaitannya dengan bisnis digital. Itu sebabnya seorang Business Digital Consultant perlu memiliki keahlian di bidang bisnis, teknologi, analisis data, juga komunikasi dan proyek.

 

10. Brand Activation

 

Bertugas menciptakan interaksi antara brand dengan audiens. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness hingga loyalitas pelanggan pada brand tersebut. Sebagai seorang Brand Activation Specialist mereka juga harus bisa membuat merek selalu teringat di benak konsumen. Itu sebabnya diperlukan penciptaan pengalaman yang memberi kesan mendalam bagi konsumen, dan paling banyak diimplementasikan melalui Special Events.

 

Jadi, pekerjaan mana saja yang kamu minati dan dirasa memiliki potensi di masa mendatang? Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada menu News dan Feature di laman resmi kami. Kamu juga bisa mengikuti Instagram kami di @multimedianusantarapolytechnic dan TikTok di @lifeatmnp untuk memperoleh informasi terkini seputar MNP.

Latest News
Promotion