Bagaimana Adaptasi Bidang Logistik terhadap Teknologi Saat Ini?

Release Date
April 4, 2022
Reading Time
2 minutes

Bidang logistik (layanan pengiriman barang) memiliki peran signifikan dalam dunia e-commerce, terutama dalam proses distribusi barang. Aktivitas logistics telah mengalami perubahan dari masa ke masa. Seiring perkembangan zaman, aktivitas pengiriman juga perlu beradaptasi.

Perkembangan teknologi digital serta internet menghadirkan perubahan besar pada berbagai aspek kehidupan. Digitalisasi menimbulkan disrupsi pada berbagai industri dan berakibat pula pada perilaku serta kebiasaan masyarakat.

Salah satunya ialah kebiasaan dalam berbelanja yang berubah dari offline ke online. Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, industri logistics juga harus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi saat ini.

Baca Juga: Pelajari Tips Menjalankan Bisnis Logistik Melalui Jurusan E-Commerce Logistik

Berkembangnya Jasa Logistik di Era E-Commerce

E-commerce dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan set perangkat teknologi dan aplikasi untuk menghubungkan penjual atau perusahaan dengan konsumen sehingga terjadi transaksi secara elektronik.

Kegiatan e-commerce bukan hanya terjadi di marketplace saja, tetapi juga bisa melalui website bisnis, akun jual beli di media sosial, maupun kegiatan jual beli secara elektronik lainnya. 

Hal ini dapat terjadi karena industri logistik yang merupakan salah satu penopang utama dalam transaksi sehingga bisnis e-commerce bisa berjalan lancar. Kehadiran teknologi digital dan internet membuat perubahan besar terhadap pola konsumsi masyarakat.

Kini belanja online menjadi pilihan utama karena menawarkan banyak kemudahan serta efisiensi. Dengan perkembangan e-commerce yang semakin melejit, industri logistik juga harus beradaptasi untuk memberikan layanan secara maksimal dan memuaskan. Inovasi melalui digitalisasi logistik harus segera dilaksanakan karena kebutuhan kian mendesak.

Kegiatan logistic melibatkan beberapa proses, mulai dari perencanaan, pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, hingga pendistribusian sampai ke tujuan. Sebelum adaptasi digital, proses ini memerlukan waktu yang lama serta biaya besar.

Dengan begitu, tingkat efisiensinya cenderung rendah. Melalui digitalisasi logistik, keseluruhan proses akan terintegrasi dalam sistem sehingga bisa dilakukan monitoring secara lebih mudah dengan semua data yang tersimpan dengan baik.

Perkembangan digitalisasi logistik dapat dipelajari dalam studi e-commerce logistics. Studi terapan ini membekali mahasiswa untuk mempersiapkan diri menyumbangkan kontribusi penting dalam perkembangan industri logistik di era e-commerce.

 Contoh Adaptasi Digital di Bidang Logistik

Digitalisasi di bidang logistik terbukti mampu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena proses pengiriman lebih cepat dengan biaya yang lebih efisien. Adapun contoh penerapan adaptasi digital pada industri jasa pengiriman antara lain:

1. Aplikasi Mobile

Perusahaan logistik yang sadar akan pentingnya digitalisasi mulai mengembangkan aplikasi mobile untuk memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggannya. Pelanggan dapat mengaksesnya melalui smartphone mereka.

Dengan adanya aplikasi mobile, pengguna jasa pengiriman bisa memantau paket kirimannya secara mudah dan praktis. Hadirnya aplikasi mobile juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan berkat manfaat yang diperolehnya.

2. Website

Selain aplikasi mobile, digitalisasi logistik juga telah diterapkan melalui pengembangan website. Tersedianya website yang dapat diakses selama 24 jam memudahkan pengguna layanan untuk mengatur dan melacak proses pengiriman.

3. Menyediakan Fitur yang Memudahkan

Perusahaan jasa pengiriman akan bertahan jika melakukan inovasi dengan membuat fitur-fitur menarik untuk memudahkan pelanggan. Beberapa fitur penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan antara lain:

  1. Fitur tracking untuk melacak perjalanan paket
  2. Fitur pick up (penjemputan) agar pengiriman lebih efektif dan efisien
  3. Yang terakhir, fitur tarif untuk mengecek biaya pengiriman

4. Digitalisasi Data

Pada dasarnya digitalisasi dilakukan untuk meningkatkan efisiensi sehingga barang sampai ke tujuan secara cepat dengan biaya minimum. Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, proses digitalisasi juga harus mencakup semua alur kegiatan logistik.

Baca Juga: Alasan E-Commerce Logistik Memberikan Kemudahan Berbisnis

Semua yang dibutuhkan untuk mengembangkan industri layanan pengiriman dapat dipelajari melalui studi e-commerce logistics. Ini adalah studi yang tepat jika Anda ingin menekuni bidang logistik. Jadilah bagian dari kami dengan mendaftarkan diri Anda disini. Ketahui lebih banyak tentang Jurusan animasi, e-commerce logistic, dan event management yang ada di MNP. Informasi lainya seputar politeknik dan perkuliahan dapat Anda dapatkan di page Event kami.

Latest News
Promotion