Ide Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Category
Release Date
January 20, 2022
Reading Time
4 minutes

Ide Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Bagi sebagian orang, menjadi mahasiswa memang tak bisa hanya mengandalkan perkuliahan di kelas saja, tetapi juga harus aktif berorganisasi atau bekerja. Tujuannya agar setelah lulus, kita mempunyai bekal untuk bersaing di dunia kerja. Banyak perusahaan  mencari lulusan sarjana yang tak hanya pintar dalam teori, tetapi juga mampu menerapkan teori tersebut dalam pekerjaannya. Namun, apakah mungkin bagi mahasiswa untuk berkuliah sambil bekerja? Kamu mungkin akan kebingungan untuk membagi waktu antara berkuliah dan bekerja. Perlu diingat bahwa pekerjaan yang kamu pilih haruslah yang sesuai dengan kemampuanmu.

Bekerja sebagai freelancer merupakan salah satu pilihan bagi mahasiswa agar tidak kebingungan untuk membagi waktu dalam menyelesaikan tanggung jawab sebagai mahasiswa sekaligus pekerja. Berikut adalah ide pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa:

1. Barista

Sumber: Pinterest

Kehadiran kafe-kafe di Indonesia membuat banyaknya permintaan tenaga kerja barista. Menjadi barista merupakan salah satu pekerjaan yang susah-susah gampang. Kamu perlu memahami tipe konsumen dan melayani dengan ramah meskipun harimu mungkin melelahkan. Gaji rata-rata yang dapat diberikan kepada barista part-time biasanya Rp 10.000/jam dengan 6 jam kerja per harinya. Gaji tersebut belum termasuk bonus harian yang bisa kamu dapat jika mencapai target lho! Nah, kalo kamu udah jadi barista senior, bisa jadi kapten yang mengatur urusan logistik di kafe. Tentunya dengan tanggung jawab yang lebih luas, gajinya bisa lebih besar, namun dibutuhkan skill yang lebih mumpuni juga.

 

2. Social Media Admin

Sumber: Pinterest

Selain kafe, banyak online shop juga membuka lowongan pekerjaan untuk mahasiswa. Menjadi admin sosial media tidak harus selalu berada di kantor melainkan dapat bekerja dari jauh. Oleh karena itu, pekerjaan menjadi admin sosial media ini sedang menjadi tren karena gaji yang ditawarkan pun mampu meringankan keuangan mahasiswa yakni Rp 500.000 – Rp 1.500.000 per bulannya. Admin sosial media biasanya bertanggung jawab untuk melayani konsumen secara online dan melakukan rekapitulasi penjualan online setiap bulan.

3. Guru Bimbel

Sumber: The Conversation

Kalau kamu punya passion dalam bidang pendidikan, kamu bisa banget mencoba pekerjaan ini yaitu menjadi guru bimbel. Meskipun part-time, tetapi menjadi guru bimbingan belajar (bimbel) memiliki gaji yang fantastis yakni Rp 70.000/pertemuan. Kamu bisa memilih untuk menjadi guru bimbel pribadi atau di bawah naungan institusi. Namun, menjadi guru bimbel harus memiliki kepribadian yang sabar dan mampu menghadapi tantangan-tantangan yang muncul dari berbagai karakter siswa dan orang tuanya.

4. Graphic Designer & Animator

Sumber: Glints

Freelance satu ini membutuhkan skill dalam menggambar dan editing yaaa. Menjadi graphic designer atau animator tak harus full-time bekerja di kantor tetapi bisa dikoordinasikan secara online. Graphic designer harus bisa membuat desain-desain menarik baik untuk website, sosial media, atau bahkan merchandise suatu perusahaan. Sementara Animator bisa membantu proses produksi film atau karya animasi. Gaji yang biasanya didapatkan oleh graphic designer atau animator yang bekerja secara part-time adalah Rp 300.000 – Rp 1.000.000.

5. Penulis

Sumber: Tech in Asia Indonesia

Kalau suka menulis, jangan simpan tulisan kamu sendirian dong. Kamu bisa bekerja sebagai freelancer di berbagai portal berita online ternama di Indonesia atau hanya sekadar menulis blogspot. Dengan kemampuan menulis, seseorang dapat digaji Rp 50.000/tulisan. Gaji ini diberikan sesuai dengan kualitas tulisan yang diberikan ya gengs.

6. Sales Promotion

Sumber: Freedomsiana

Buat kamu yang suka marketing, boleh banget cobain jadi freelancer SPG/SPB. Tugas utamanya adalah memasarkan produk agar dapat mencapai target yang ditentukan perusahaan. Nah, kalo dari tadi gajinya masih gak ngagetin, SPG/SPB ini punya gaji yang lumayan mengagetkan loh yakni Rp 300.000 – Rp 500.000 per harinya. Kalau mencapai target penjualan, maka gaji kamu bisa dilipat gandakan.

7. Event Organizer

Sumber: Niagara College Canada

Pekerjaan freelance ini memberikan banyak dampak positif bagi mahasiswa. Selain digaji, kamu jadi punya banyak relasi karena bertemu dengan banyak orang. Event organizer pada umumnya bertugas untuk merancangkan dan memastikan bahwa suatu acara berjalan dengan lancar. Gaji yang didapatkan dari event organizer biasanya Rp 100.000 – Rp 120.000 per acara. Gaji ini tergantung berapa lama suatu acara diadakan.

 

Nah, kira-kira pekerjaan apa nih yang mau kalian ambil sambil kuliah?

 

Buat kalian yang masih bingung dan takut untuk bekerja sambil kuliah, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) mungkin dapat menjadi pilihan yang membantu kalian untuk menikmati perkuliahan dengan cara bekerja. Sebagai perguruan tinggi vokasi, penerapan pembelajaran di kelas seringkali dilakukan dengan membuat proyek-proyek sehingga mahasiswa bisa merasakan pengalaman bekerja dengan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan MNP. Kesempatan kuliah dengan kehidupan kerja ini masih sangat kecil di Indonesia lho gengs, jadi tunggu apa lagi? Daftar di: mnp.ac.id

 

Sumber:

lifepal.co.id

gadjian.com

Latest News
Promotion