Apa itu Pendidikan Vokasi ?

Category
Release Date
October 15, 2021
Reading Time
< 1 minute

Apa itu Pendidikan Vokasi ?

Tau gak sih kalau di Indonesia selain ada program Sarjana (S1), tapi ada juga program Sarjana Terapan (S.Tr) loh. Nyatanya memang Pendidikan vokasi yang meliputi program Sarjana Terapan belum sepopuler Pendidikan akademik yang meliputi program S1, dan masih sedikit lulusan Sarjana Terapan yang dikenal di Indonesia.

Dikutip dari rencanamu.id menurut UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional Pendidikan vokasi merupakan Pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan kata lain Pendidikan Vokasi berfokus pada keahlian terapan, atau keahlian yang bersifat praktis.

Pendidikan vokasi dan akademi tentu berbeda, mulai dari metode pembelajaran sampai hasil akhir yang diharapkan pun berbeda. Perkuliahan S1 fokus terhadap teori yaitu 50 persen dan 50 persen  teori. Sarjana terapan memiliki porsi praktek yang lebih banyak yaitu 70 persen praktek dan 30 persen teori. Perbedaan lain yang menarik yaitu penulisan gelar di akhir nama yang berbeda. Jika di sarjana gelar akan diikuti dengan prodi yang diambil misalnya S.I.Kom untuk Sarjana Ilmu Komunikasi, sedangkan kalau sarjana terapan yaitu S.Tr yaitu Sarjana Sains Terapan.

Sumber : https://rencanamu.id/post/panduan-persiapan-kuliah/persiapan-masuk-pendidikan-vokasi/apa-bedanya-kuliah-pendidikan-vokasi-diploma-dengan-akademik-sarjana

Latest News
Promotion