Kerja sama Jurusan Animasi MNP dengan Arkala Studio: Ubah Karakter Komik Jadi Animasi 3D

Category
Release Date
September 9, 2022
Reading Time
2 minutes

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menggandeng Arkala Studio untuk menjalankan Project Based Learning (PBL). Project ini sebagai bagian dari proses belajar mahasiswa Program Studi Digital Animation atau Jurusan Animasi. Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) sebagai bentuk kerja sama antara jurusan Animasi dengan Arkala studio telah dilakukan pada 7 September 2022. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur MNP dan Kepala Program Studi Digital Animation dengan pihak Arkala Studio yang bertempat di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang.

Kerja sama Jurusan Animasi MNP dengan Arkala Studio

kerja sama jurusan animasi mnp dengan arkala studioJalinan kerja sama dengan Arkala Studio akan menambah portofolio proyek yang dijalankan oleh mahasiswa Jurusan Animasi MNP. Salah satu poin yang akan diimplementasikan adalah menjadikan karakter komik 2 dimensi Tickle Fickle sebagai animasi 3 dimensi (alih wahana).

Proyek ini dapat dilakukan karena spesialisasi Jurusan Animasi di MNP adalah 3D Animation. Hal ini sejalan dengan materi kuliah yang diajarkan pada semester ini. Sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan PBL bersama Arkala Studio ini.

Implementasi PBL akan dilakukan oleh mahasiswa semester 3 yang diharapkan bukan hanya dapat menambah pengalaman, tetapi juga bisa menghasilkan Intellectual Property (IP) sendiri di bidang animasi. Sehingga kerja sama dengan Arkala Studio perlu cukup panjang dan mendalam. Hal ini, agar para mahasiswa bisa secara mandiri terbiasa menghasilkan IP yang memiliki nilai tambah tinggi.

Roy Anthonius Susanto selaku Direktur MNP menyatakan bahwa pendidikan tidak bisa hanya sekadar dilakukan di kelas. Hal ini dikarenakan politeknik mengajak mahasiswanya untuk bisa melakukan praktik lebih banyak. “Jangan sampai capek-capek selama empat tahun kemudian menjadi lulusan mentah,” ujarnya.

Oleh karena itu, MNP menghadirkan cara belajar baru yang disebut sebagai Immersive Learning Experience. Program ini mengajak para mahasiswa untuk belajar sambil bekerja sehingga sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam bahkan sebelum mereka lulus kuliah. MNP ingin kualitas mahasiswa dan lulusan bisa terus bertumbuh mengikuti perkembangan dunia industri yang ada saat ini.

“Kita berharap teman-teman mahasiswa bisa punya skill termasuk sisi soft skill juga. Jangan sampai lulusan-lulusan kita gak siap kerja,” tambah Roy.

Tentang Arkala Studio

Arkala Studio merupakan sebuah studio kolaboratif, Arkala berusaha menyuarakan berbagai cerita melalui karya-karya yang diciptakannya. Arkala bercita-cita mengubah dunia melalui cerita, karena mereka percaya bahwa mendongeng adalah inti dari setiap karya seni. 

Sejak 2020 lalu, Arkala Studio telah berkolaborasi dan bekerja dengan berbagai perusahaan juga personel dalam menyebarkan cerita dan visi mereka pada para audience.

Company profile, tutorial video, short movie, music videos, advertisement, intellectual property management, mascot design, illustration, visual development, juga digital campaigns merupakan berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh Arkala sebagai sebuah studio kolaboratif. 

Silakan kunjungi  Arkala Studio untuk informasi lebih lanjut.

Latest News
Promotion