kuliah umum dari ginee

Belajar Tren Terbaru dari Industri E-Commerce, Mahasiswa MNP Ikuti Kuliah Umum dari Ginee

Program Studi atau Jurusan E-Commerce Logistics Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) mengimplementasikan program kerja sama dengan Ginee. Kegiatan ini dilakukan melalui Kuliah Dosen Tamu pada Kamis (29/9) di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang. Kuliah umum dari Ginee untuk Mata Kuliah Pengantar Bisnis dan E-Commerce ini bertujuan untuk memberikan update tren industri e-commerce dan teknologi terbarunya.

Mahasiswa sangat antusias memerhatikan pemaparan materi yang disampaikan oleh Yolandha Pramia Hardani dari Ginee. Materi yang disampaikan seputar pemahaman dari istilah-istilah yang sering digunakan dalam industri E-commerce, tren produk apa saja yang sedang digandrungi oleh konsumen saat ini, hingga pengenalan produk-produk Ginee. Ini semua dilakukan sebagai solusi untuk mengoptimasi bisnis E-commerce dan Logistik.

Kuliah Umum dari Ginee:  Industri E-Commerce Mendorong Pertumbuhan Ekonomi 

Sebagai salah satu platform penunjang e-commerce yang telah go international dan merambah beberapa negara di Asia Tenggara dan Tiongkok, Yolandha memberikan informasi perkembangan industri dan teknologi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan E-Commerce.

Salah satunya adalah bagaimana di awal E-commerce muncul adalah tools untuk perusahaan menjual produknya alias Business to Customer (B2C). Namun sekarang sudah jauh berkembang hingga ke ranah Business to Business (B2B), Customer to Customer atau lebih dikenal sebagai marketplace. Bahkan saat ini sudah ada platform untuk Customer menjual produk atau memberikan layanan kepada Business atau C2B.

Industri E-Commerce saat ini telah mendorong sebagian besar pertumbuhan pasar di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi hingga tahun 2025 diperkirakan mencapai 146 miliar dolar AS dari 20 miliar dolar AS di tahun 2021. Dari jumlah tersebut, 104 miliar dolar AS disumbang oleh sector E-Commerce. Tak heran, saat ini banyak perusahaan rintisan mendirikan usahanya di bidang tersebut. Selain itu, pasar E-Commerce di Indonesia juga masih sangat jauh dari titik jenuh karena pengguna internetnya masih terus meningkat.

Pada kesempatan kuliah dosen tamu ini, Ginee juga sekaligus memperkenalkan beragam produknya. Ini juga dilakukan sebagai solusi untuk mendukung percepatan pertumbuhan perusahaan. Terutama, yang bergerak di bidang E-Commerce Logistics. Mulai dari tools akunting, Enterprise Resource Planning (ERP), Warehouse Management System (WMS), Omni Chat, Logistic, dan Ads Busniness Mananager.

Yolandha dan tim dari Ginee kemudian menutup kegiatan ini dengan memberikan beberapa kuis berhadiah yang semakin memancing rasa penasaran dan antusiasme dari Mahasiswa Jurusan E-Commerce Logistics. Dewi Hajar selaku Ketua Program Studi E-Commerce Logistics MNP juga berharap model kuliah seperti ini akan lebih banyak diselenggarakan.  Diharapkan pemahaman mahasiswa dapat lebih mendalam hingga memberikan pengalaman yang nyata melalui beragak kerja sama pengerjaan proyek antara MNP dan Ginee.

Menu