Kuliah Umum Peluang Jurusan Animasi dan Event MNP di Metaverse oleh Festivo

Category
Release Date
November 2, 2022
Reading Time
2 minutes

Sebanyak 78 mahasiswa Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) dari Jurusan Digital Animation dan Jurusan Event Management mengikuti kuliah umum.  Tema yang dibawakan yaitu Peluang Industri Animasi & Event di Metaverse.  Kuliah umum ini dibawakan oleh Adi Nugroho selaku Chief Business & Innovation Officer Festivo dan Samuel Christian Atmaja sebagai 3D Artist Festivo pada Senin (31/10) di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang.

Festivo adalah perusahaan yang menawarkan solusi Augmented Reality & Virtual Reality (AR/VR) bagi institusi yang ingin menggunakan teknologi terkini sebagai media interaksi dengan pemangku kepentingan. AR/VR inilah yang menjadi dasar terbentuknya Metaverse. Dunia virtual yang memungkinkan manusia berinteraksi nyaris tanpa batas. Pada materi kuliah umum ini, Festivo memaparkan dengan segala kompleksitasnya, Metaverse akan menjadi solusi bagi Generasi Z dan Generasi Alpha untuk berinteraksi di masa depan.

“Sama seperti televisi di tahun 60-an yang hadir sebagai media alternatif agar masyarakat mendapatkan informasi. Metaverse saat ini juga menjadi alternatif yang mungkin belum banyak dibutuhkan. Namun di masa depan, saat generasi baru sudah sangat lekat dengan teknologi, Metaverse akan tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya seperti televisi di masa kini,” ungkap Adi.

Peluang Jurusan Animasi & Event di Metaverse 

peluang jurusan animasi dan event di metaversePada bagian hilir industri animasi, SDM untuk mengerjakan proyek Metaverse masih sangat dibutuhkan karena permintaan yang kian hari semakin tinggi. Tak menutup kemungkinan, industri Metaverse kekurangan orang yang mampu menghasilkan karya animasi sebagai backbone dari Metaverse.

“Kehadiran Generasi Z dan Generasi Alpha di masa depan sangat mungkin membuat Metaverse menjadi sesuatu yang digandrungi. Hal ini dapat terjadi karena mereka merupakan generasi yang digital native, berpikir visual, berani berpendapat, dan pastinya tech savvy. Sehingga kehadiran Metaverse akan sangat membantu aktivitas dan interaktivitasnya,” jelas Adi.

Sementara itu untuk industri event, penggunaan media digital dan virtual akan terus menjadi infrastruktur yang mendukung penyelenggaraan Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE), dan special events. Hal ini akan tetap berjalan meskipun pandemi Covid-19 telah usai. Khususnya dengan menggunakan Metaverse, sebuah event akan memiliki nilai tambah untuk diikuti oleh pelanggan atau pengunjung. Ini dikarenakan pelanggan akan lebih engage dengan perusahaan atau institusi jika ada interaktivitas dalam kegiatan-kegiatannya, dan Metaverse mengakomodasi hal tersebut.

Peluang Jurusan Animasi dan Event untuk Bekerjasama

“Pada survei yang dilakukan oleh McKinsey & Company (April 2022), industri pariwisata, yang mencakup MICE dan event, merupakan salah satu kategori industri yang paling tinggi pengimplementasian inisiatif Metaverse-nya. Jadi, mahasiswa dari Jurusan Event Management di MNP harus memiliki hubungan baik dengan mahasiswa Jurusan Digital Animation sebagai pembuat aset Metaverse. Supaya, event yang diselenggarakan bisa lebih keren dan diminati oleh audiens,” candanya.

Pada akhir kegiatan, mahasiswa MNP yang hadir diberikan kesempatan untuk mencoba teknologi virtual reality headset. Hal ini membuat mereka sangat antusias karena bisa mencobanya. Kuliah umum ini juga disiarkan langsung di kanal Youtube MNP serta dilaksanakan secara hybrid menggunakan platform konferensi video Zoom yang dihadiri oleh lebih dari 80 peserta umum.

MNP dan Festivo telah bekerja sama mulai akhir tahun 2022. Kerja sama tersebut melingkupi beragam kegiatan dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah Program Praktisi Mengajar yang diwujudkan dalam acara kuliah umum kali ini.

Latest News
Promotion