Dua Tahun MNP, Membangun Negeri melalui Pendidikan Tinggi Terapan

Category
Release Date
September 18, 2023
Reading Time
[rt_reading_time postfix=”minutes” postfix_singular=”minute”]

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) sebagai pendidikan tinggi terapan mrayakan ulang tahun yang ke-2 pada 18 September 2023. Sejak diresmikan pada 2021, MNP berhasil menjadi perguruan tinggi vokasi pilihan ratusan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknologi kreatif. Dengan berbagai fasilitas, menjalin kerjasama dengan perusahaan mitra, serta tenaga pengajar ahli profesional, MNP mampu menghasilkan mahasiswa profesional dan siap terjun langsung ke industri. Tidak berhenti di sana, MNP terus berkembang melalui inovasi dan siap mengakomodasi pertumbuhan kualitas dan kuantitas mahasiswanya. Melihat kilas balik, apa saja yang baru dari MNP dalam 2 tahun terakhir?

Semakin Banyak Menjalin Kerja sama

Pada 2023, MNP telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga. Tujuannya beragam, seperti memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja langsung bahkan sebelum lulus, menjalankan proyek kolaborasi antarinstitusi sebagai media pembelajaran, dan mengajak ahli untuk berbagi materi sebagai dosen tamu. Beberapa perusahaan mitra yang  menjalankan kerja sama di tahun ini adalah Brown Bag Films Bali, studio animasi yang sudah menayangkan berbagai animasi dalam bentuk TV Series dan film pendek di berbagai platform seperti Netflix, Apple TV+, dan lainnya. Kemudian Temali Indonesia, salah satu Event Organizer terbesar di Indonesia yang sudah berkali-kali menjalankan berbagai pameran berskala internasional. Lalu juga ada Inamart, perusahaan berbasis teknologi informasi yang menyediakan solusi komprehensif untuk bisnis-bisnis melalui teknologi blockchain dan artificial intelligence.

Institusi pendidikan yang menjalin kerja sama dengan MNP juga semakin banyak mendekati akhir tahun 2023. Kemitraan dengan sekolah menengah dijalin dengan harapan MNP dapat hadir di tengah pelajar SMA/SMK untuk memperkenalkan pendidikan lanjut serta bidang studinya.  Kemitraan dengan sekolah membuka peluang bagi pihak sekolah untuk bersama-sama mengembangkan SDM, terutama dari sisi tenaga pengajar. Seperti yang dilaksanakan sepanjang awal tahun 2023, MNP bersama dengan SMK Strada Daan Mogot mengadakan workshop animasi untuk pelajar sekolahnya. Selain itu, dalam tujuan yang sama, MNP juga menjalin kerja sama dengan Universitas Al-Khairiyah, Politeknik Internasional Bali (PIB), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Banten, Supply Chain Logistics Center (SCLC), Lembaga Sertifikasi Profesi Wisata Hasanah Indonesia (LSP WHI), Lembaga Sertifikasi Profesi MICE (LSP MICE), Doss GuavaXR, Garudaku, Lembaga Sertifikasi Profesi Animasi Kreatif Indonesia (LSP AINAKI), dan berencana menambah kerja sama lagi sebelum tahun ini berakhir.

Praktik Project-Based Learning 

Sebagai perguruan tinggi vokasi, MNP selalu berusaha untuk memberikan pengalaman praktik yang relevan dengan teori yang dipelajari di perkuliahan. Bentuk dan level proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa beragam setiap program studinya, tergantung pada keterampilan yang ingin dibangun. Salah satu program studi yang sangat aktif memberikan proyek kepada mahasiswanya adalah Event Management. Pada tanggal 5-6 September 2023, mahasiswa yang masuk semester 3 mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung menjadi volunteer dalam acara ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) di Jakarta. Beberapa bulan sebelumnya, di bulan Februari 2023, mahasiswa semester 5 juga mendapatkan kesempatan untuk ikut serta sebagai volunteer di International Motor Show 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Tak mau kalah, mahasiswa program studi Digital Animation berhasil lolos dalam 20 besar dalam kompetisi Gemastik yang diselenggarakan Universitas Brawijaya. Kompetisi yang diselenggarakan sepanjang September 2023 ini diikuti lebih dari 200 perguruan tinggi. Tim MNP diwakili oleh tiga orang mahasiswa Angkatan 2021 dan 2022 ditambah dosen pendamping. Meskipun belum berhasil menjadi juara, pencapaian ini merupakan prestasi bagi kampus yang baru berdiri dan melibatkan dua Angkatan pertama.

Mengembangkan Kualitas Aktivitas Kampus

Mahasiswa aktif MNP terus bertambah setiap tahunnya. Untuk mengakomodasi kehidupan organisasi dan mewadahi sisi kreatifitas non-akademik mahasiswanya, tahun ini MNP meresmikan organisasi mahasiswa dengan pelantikan pengurus 8 organisasi pada 10 Maret 2023. Adapun organisasi yang diresmikan adalah Forum Keluarga Besar Mahasiswa (FKBM) MNP, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) untuk ketiga prodi, Club Futsal, Club Fotografi, Club Medis, dan Club Musik.

FKBM MNP didirikan sebagai badan legislatif dan eksekutif pada tingkat politeknik, menaungi seluruh organisasi mahasiswa lainnya. Himaprodi berperan sebagai badan kesatuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa. Untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa dalam bidang non-akademik, Club dari beberapa bidang dapat mengakomodasi kebutuhan ini.

Selain memfasilitasi berdirinya organisasi mahasiswa, MNP juga mengadakan orientasi mahasiswa baru bertajuk ANAGATA. Pertama diadakan pada 29-31 Agustus 2022 dan yang kedua diadakan pada 28-30 Agustus 2023. Rangkaian acara orientasi ini diselenggarai oleh berbagai mahasiswa dan staff untuk memperkenalkan gedung, lingkungan, dan teman-teman baru kepada mahasiswa baru di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Dengan penyelenggaraan ANAGATA, kehidupan perguruan tinggi seluruh mahasiswa Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) diawali dengan rasa gembira dan keseruan yang berkesan.

Sidang Terbuka Senat & Pelantikan Mahasiswa Baru

Pada 1 September 2023, dilaksanakan Sidang Senat Terbuka dan Pelantikan Mahasiswa Baru MNP Angkatan 2023 di Function Hall, UMN. Momen sakral ini mejadi simbol resminya mahasiswa baru menjadi bagian dari Keluarga MNP. Setelah melalui rangkaian orientasi, dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa baru siap menjadi mahasiswa utuh dan menempuh pendidikan dan berkembang bersama MNP. Bertepatan dengan Sidang Terbuka Senat & Pelantikan Mahasiswa Baru, pada kegiatan yang sama juga dirayakannya Dies Natalis II MNP. Memperingati hari ulang tahun yang kedua Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) pada tanggal 18 September 2023. Melalui acara ini, MNP secara umum maupun mahasiswa baru secara khusus diharapkan semakin siap untuk berkembang dan bertumbuh bersama.

Latest News
Promotion