Mahasiswa MNP Praktik Jadi EO Profesional di Pekantara 2023

Category
Release Date
December 8, 2023
Reading Time
2 minutes

Mahasiswa Program Studi Event Management MNP kembali menjadi Event Organizer (EO) dari Pekan Kreativitas Nusantara (Pekantara) 2023. Pekantara 2023 merupakan kolaborasi Studi Humaniora Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan Program Studi Event Management Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP yang diselenggarakan di P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower, UMN, Gading Serpong, Tangerang.

 

Seluruh rangkaian acara Pekantara berlangsung pada 6 – 12 Desember 2023 dengan tema “Cerdas Berkarakter Menuju Indonesia Emas”. Tema tersebut diusung dengan tujuan meningkatkan semangat kebangsaan melalui berbagai rangkaian acara mulai dari talk show bertema kebangsaan hingga pameran UMKM. Selain itu, ada juga kompetisi yang bisa diikuti oleh masyarakat umum yakni MLBB Competition (e-sports) untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Proyek Nyata, Tingkatkan Pengalaman Mahasiswa

Sebagian ide dan operasional dari penyelenggaraan Pekantara 2023 diinisiasi dan diimplementasikan oleh Mahasiswa Event Management MNP. Event ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran berbasis proyek nyata atau Immersive Learning Experience yang diterapkan MNP. Banyak manfaat dan kesan positif yang didapatkan karena mahasiswa dilibatkan sejak tahap perencanaan, implementasi, hingga evaluasi.

 

“Pekantara 2023 terasa sekali bisa mempererat Mahasiswa Event Management semester 1 dan semester 3 dalam hal komunikasi. Juga kita bisa saling bahu-membahu dalam menyusun persiapan hingga akhir kegiatan Pekantara 2023,” ujar Octavianus Felix, Mahasiswa Semester 1 Event Management MNP.

 

Liza Khairunnisa Gultom selaku Dosen Program Studi Event Management MNP mengatakan bahwa proyek ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Proses pembelajaran melalui praktik menjadi salah satu keunggulan MNP sebagai perguruan tinggi vokasi, sehingga project seperti ini akan sering diimplementasikan.

“Mereka bisa mendapatkan pengalaman yang mendukung aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Ini menjadi bagian dari project based learning untuk mata kuliah Event Sponsorship dan Public Relations,” ungkap Liza.

 

Pekantara 2023 tidak hanya menghadirkan acara-acara kreatif, tetapi juga menawarkan wawasan mendalam melalui pembicara inspiratif yang membahas topik terkini. Ada lebih dari dua ribu mahasiswa UMN yang turut meramaikan dan memeriahkan acara ini. Selain itu, Pekantara 2023 juga mengundang partisipasi masyarakat umum melalui keikutsertaan booth bazar UMKM yang diharapkan dapat menjadi wadah inspirasi dan promosi bagi pelaku usaha kreatif.

 

Sebagai semangat kebangsaan, Pekantara 2023 menetapkan dresscode batik, kebaya, dan pakaian daerah untuk menciptakan nuansa yang kental dengan nilai-nilai Indonesia. Seminar dan Talk Show yang diadakan setiap harinya juga memiliki topik untuk memperkuat kreativitas dan semangat kebangsaan mahasiswa. Selain itu, perlombaan yang diusung tak lepas dari tema yang diangkat dengan menggabungkan teknologi sebagai representasi kemajuan bangsa.

Latest News
Promotion