MNP Menjadi Solusi Menghadapi Tantangan Teknologi Kreatif

Category
Release Date
April 25, 2022
Reading Time
3 minutes

Satu dekade terakhir, teknologi kreatif memang mengalami perkembangan pesat sehingga mau tidak mau Anda harus mengikutinya. Banyak hal yang harus disesuaikan dan membutuhkan adaptasi diri agar bisa menjadi bagian perubahan ini.

Sebagai orang tua, penting bagi Anda mempersiapkan masa depan anak sebaik mungkin. Bukan hanya membiasakannya dengan teknologi, tapi memfokuskan anak-anak untuk mengerti akan era digital dan bisa menjadi bagian nyata di dalamnya.

Terutama jika anak Anda sudah berada di tingkat sekolah menengah atas, sangat penting memberikan arahan untuk masa depannya. Terutama agar anak bisa menghadapi tantangan teknologi kreatif.

Baca Juga: Jangan Salah Jurusan! Tips Menemukan Passion untuk Calon Mahasiswa

Tantangan Industri yang Dihadapi Anak di Era Digital

Teknologi kreatif semakin hari makin tinggi dan memengaruhi kehidupan sehari-hari, bahkan setiap elemen akan terpengaruh olehnya. Terutama para generasi muda yang akan menjadi generasi masa mendatang.

Tantangan yang dihadapi pada era digital saat ini bagi anak-anak adalah sisi negatif kemajuan dunia digital. Sebagai orangtua, Anda perlu membangun kesadaran sosial anak semenjak dini sehingga anak Anda tidak menjadi individualis.

Penguatan literasi digital harus dilakukan agar anak memiliki ketahanan untuk menghadapi bombardir informasi negatif dari berbagai platform digital yang ada. Dengan demikian, anak akan siap menghadapi tantangan teknologi kreatif dan memiliki masa depan terbaik.

Bagaimana MNP Menghadapi Tantangan Industri Teknologi Kreatif

Selain peran aktif Anda sebagai orangtua, lembaga pendidikan tinggi yang mendukung literasi digital juga sangat dibutuhkan. MNP atau Multimedia Nusantara Polytechnic, bisa menjadi jawaban atas kebutuhan Anda.

MNP merupakan sebuah perguruan tinggi vokasi yang menitikberatkan pada pengembangan skill mahasiswa sehingga dapat berkompetisi di dunia industri teknologi kreatif dunia sesuai dengan perubahan behaviour saat ini.

Didirikan pada tahun 2021 oleh Yayasan Multimedia Nusantara, MNP telah menetapkan langkah-langkah terbaik menghadapi tantangan era digital, yaitu:

1. Membantu Mahasiswa Memahami Karakteristik Era Revolusi Industri

Karakteristik era revolusi industri meliputi digitalisasi, optimation dan customization produksi, serta otomasi dan adaptasi. Hal-hal ini perlu dipahami dengan baik bagi mahasiswa agar memiliki peluang kerja di industri digital. 

Selain itu, juga terdapat interaksi manusia dengan mesin, otomatisasi data dan komunikasi, serta value added service and business. Oleh sebab itu, MNP berfokus memberikan pemahaman mengenai hal-hal tersebut.

2. Memfokuskan Upskilling Digital Mahasiswa

Teknologi kreatif sangat membutuhkan keahlian bukan sekadar gelas saja sehingga MNP menitikberatkan pembelajaran pada peningkatan kemampuan dan keahlian mahasiswa. Dengan pembelajaran teori dan praktik sesuai kebutuhan industri saat ini.

3. Menerapkan 5C

Apa itu 5C? Yaitu Caring, credible, competent, competitive, dan customer delight (experience). Nilai-nilai inilah yang diterapkan oleh MNP sesuai dengan visi pendiri Kompas Gramedia alm Jakob Oetama dan P.K Ojong.

Penerapan 5C akan berfokus pada visi kedua pendiri tersebut untuk mencerahkan kehidupan bangsa. Tentu saja, dengan melakukan penerapan pada 5C yang menjadi kunci pembelajaran.

4. Menyesuaikan Pembelajaran dengan Kebutuhan Industri

MNP menyadari bahwa industri teknologi kreatif selalu berkembang sehingga senantiasa melakukan penyesuaian modul pembelajaran. Jadi, setiap jurusan dan pembelajaran di dalamnya akan selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Link & match MNP melibatkan dunia industri dan profesional sehingga menghasilkan kurikulum yang sesuai. Ditambah tenaga pengajar dan proyek menggunakan studi kasus nyata.Hasilnya akan memastikan lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia industri saat ini dan di masa depan.

5. Bekerjasama dengan Perusahaan dari Berbagai Bidang

MNP didirikan dengan akreditasi unggul (A) dari BAN-PT dan bagian dari Grup Kompas Gramedia sehingga jejaringnya sangat aktif. Sehingga sangat memperhitungkan kebutuhan dunia industri.

Bukan hanya memastikan mahasiswa mendapatkan pendidikan yang tepat, tapi juga memberikan perusahaan SDM berkualitas dengan skill mumpuni sehingga menjadi solusi bagi perusahaan. Jejaring yang bekerjasama dengan MNP mulai dari industri media, retail & publishing, hospitality, manufacture, event & venue, serta properti dan digital.

Baca Juga: 5 Alasan Calon Mahasiswa Lebih Memilih Politeknik di Jakarta

Dunia industri saat ini memang tidak bisa disamakan dengan zaman dulu sehingga persiapan memasukinya juga berbeda. Anda sebagai orangtua harus memahami hal ini dan membantu anak untuk siap masuk industri teknologi kreatif bersama MNP. Jadilah bagian dari kami dengan mendaftarkan diri Anda disini. Ketahui lebih banyak tentang Jurusan animasi, e-commerce logistic, dan event management yang ada di MNP. Informasi lainya seputar politeknik dan perkuliahan dapat Anda dapatkan di page Event kami.

Latest News
Promotion